Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan. (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan. (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Basaria Optimistis Kembali Memimpin KPK

Nasional seleksi pimpinan kpk
Juven Martua Sitompul • 12 Juli 2019 09:28
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan optimistis akan kembali ke Gedung Merah Putih. Ia yakin lolos seleksi calon pimpinan KPK jilid V.
 
"Kalau sudah melangkah harus optimistis. Masalah hasilnya kita lihat saja (nanti)," kata Basaria, di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Basaria mengaku tak punya strategi khusus menghadapi seleksi capim KPK. Yang pasti, kata dia, pimpinan jilid IV akan menyelesaikan sisa masa tugasnya dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berpikir langkah-langkah baik yang kita lakukan perlu diteruskan. Supaya nanti pimpinan berikutnya benar-benar sudah mapan menjalankannya. Selama ini kita lihat baru lagi, baru lagi, kita harapkan kesinambungan," ujarnya.
 
Di sisi lain Basaria berharap seleksi calon pimpinan (capim) jilid V rampung dalam waktu dekat. Ia bahkan ingin fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) capim jilid V dilakukan oleh Komisi III DPR periode 2014-2019.
 
"Menurut informasi masih (DPR RI) priode sekarang," ungkap dia.
 
Baca juga:Tiga Pimpinan KPK Lolos Seleksi Administrasi Capim
 
Sementara itu, Anggota Pansel Capim KPK jilid V Marcus Priyo Gunarto memastikan, 10 calon terbaik akan segera diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Guna, tahapan fit and proper test dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.
 
"Kita serahkan ke Presiden awal September, biar nanti Presiden yang pilih," kata Marcus.
 
Sebanyak 192 dari 376 orang yang mendaftar seleksi Capim KPK dinyatakan lolos administrasi oleh Pansel. Kandidat yang lolos berhak dan wajib mengikuti uji kompetensi.
 
Hasil uji kompetensi diumumkan pada 25 Juli 2019. Capim yang lolos uji kompetensi akan mengikuti psikotes dan asesmen profil.
 
Setelah itu, capim melakukan uji publik dan tahap wawancara pada awal September 2019. Pansel kemudian menyerahkan 10 capim terpilih kepada Presiden Joko Widodo.
 
Tahapan berikutnya, Presiden menyerahkan 10 nama itu ke DPR. Komisi III DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk memilih lima orang pimpinan KPK periode 2019-2023.
 
Baca juga:11 Jenderal Polri Incar Kursi Pimpinan KPK
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif