Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kiri) dan Basaria Pandjaitan (kanan) lolos seleksi administrasi Capim KPK periode 2019-2024. Foto: Sigid Kurniawan/Antara
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kiri) dan Basaria Pandjaitan (kanan) lolos seleksi administrasi Capim KPK periode 2019-2024. Foto: Sigid Kurniawan/Antara

Tiga Pimpinan KPK Lolos Seleksi Administrasi Capim

Nasional pansel kpk seleksi pimpinan kpk
Husen Miftahudin • 11 Juli 2019 16:35
Jakarta: Tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mask bursa calon pimpinan (capim) KPK periode 2019-2023 lulus seleksi administrasi. Mereka ialah Basaria Pandjaitan, Laode Muhammad Syarif, dan Alexander Marwata.
 
"Komisioner dan pegawai KPK, pendaftar 18 orang sedangkan yang lulus ada 13 orang," ungkap Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih, di Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono, serta Deputi Pencegahan yang juga merangkap sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal KPK, Pahala Nainggolan juga dinyatakan lolos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Capim dengan latar belakang akademisi dan advokat mendominasi pendaftar yang lulus seleksi administrasi. Akademisi menyumbang 40 orang yang lolos seleksi tahap awal dari 76 pendaftar, sedangkan advokat 39 orang dari 63 pendaftar.
 
Berdasarkan hasil keputusan Pansel Capim KPK, sebanyak 192 orang dari 376 pendaftar lulus seleksi administrasi. Mereka berhak dan wajib mengikuti uji kompetensi.
 
"Uji kompetensi meliputi objective test dan penulisan makalah," jelas Yenti.
 
Hasil uji kompetensi diumumkan pada 25 Juli 2019. Capim yang lolos uji kompetensi akan mengikuti tes psikotes dan profile assessment.
 
Setelah itu, capim melakukan uji publik dan tahap wawancara yang akan dilaksanakan awal September 2019. Pansel kemudian menyerahkan 10 capim terpilih versi pansel kepada Presiden Joko Widodo.
 
Presiden kemudian menyerahkan 10 nama tersebut ke DPR. Komisi III DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk memilih lima orang pimpinan KPK periode 2019-2023.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif