Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Jokowi: KPK Tak Mengenal Pengembalian Mandat

Nasional Revisi UU KPK
Damar Iradat • 16 September 2019 12:06
Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mengenal pemberian mandat pada presiden. Pimpinan Lembaga Antirasuah mengembalikan mandat buntut dari revisi UU KPK.
 
"Enggak ada, enggak ada. Yang ada itu mengundurkan diri. Meninggal dunia ada, terkena tindak pidana korupsi, iya," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 16 September 2019.
 
Jokowi mengaku Agus Rahardjo cs belum mengajukan diri untuk bertemu dengannya. Dia bersedia bertemu kapan pun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tanyakan Mensesneg (Pratikno) ada enggak pengajuan (pertemuan) itu, kalau ada tentu akan diatur waktunya dengan acara yang ada di Presiden," kata Jokowi.
 
Dia memastikan pemerintah sedang memperjuangkan substansi-substansi dalam revisi UU KPK yang diinisiasi oleh DPR. Pembahasan revisi UU KPK perlu diawasi semua pihak termasuk masyarakat.
 
"Marilah kita awasi bersama-sama semuanya awasi. Dan KPK tetap dalam posisi kuat dan terkuat dalam pemberantasan korupsi. Ini tugas kita bersama," tutur dia.
 
Ketua KPK Agus Rahardjo menyerahkan tanggung jawab pengelolaan pemberantasan korupsi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia merasa KPK berada dalam bahaya karena revisi UU KPK.
 
"Dengan berat hati, Jumat, kami menyerahkan tanggung jawab tertinggi. Kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden," ujar Agus di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Jumat, 13 September 2019 malam.
 
Agus akan menunggu perintah Jokowi melanjutkan pemberantasan korupsi. "Kami menunggu perintah apakah kami masih dipercaya sampai Desember (2019). Apa masih berjalan seperti biasa?" tuturnya.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif