Gedung Merah Putih KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Gedung Merah Putih KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

KPK Cari Tahu Cara Bupati Nonaktif Pemalang Pakai Uang Hasil Setoran ASN

Candra Yuri Nuralam • 08 November 2022 11:09
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencari tahu cara Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo menggunakan uang yang diduga hasil suap jual beli jabatan. Pendalaman dilakukan dengan memeriksa dua saksi pada Senin, 7 November 2022.
 
"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dugaan aliran penggunaan uang oleh tersangka MAW (Mukti Agung Wibowo), yang salah salah satunya berasal dari setoran para ASN di Pemkab Pemalang," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa, 8 November 2022.
 
Saksi yang diperiksa, yakni Manager Apartemen pada Denpasar Residence Ismiatun Retno Utami dan wiraswasta Mustafid Ayonk. Ali enggan memerinci pertanyaan penyidik kepada dua orang itu untuk menjaga kerahasiaan proses penyidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keterangan keduanya sudah dicatat penyidik dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Keterangan mereka bakal dibuka ke publik saat persidangan.
 

Baca: Orang Kepercayaan Bupati Nonaktif Pemalang Diduga Ikut Tampung Duit Suap


 
KPK menetapkan enam tersangka dalam perkara dugaan suap terkait jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang pada 2021-2022. Yakni, Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW); Komisaris PD Aneka Usaha (AU) Adi Jumal Widodo (AJW); penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Slamet Masduki (SM); Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sugiyanto (SG); Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Yanuarius Nitbani (YN); dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Mohammad Saleh (MS).
 
Berkas kasus Slamet, Sugiyanto, Yanuarius, dan Saleh sudah dinyatakan lengkap oleh penyidik. Keempat orang itu segera diadili.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif