Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez
Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez

ICW: Gedung KPK untuk Kerja Pemberantasan Korupsi Bukan RDP

Nasional kpk
Fachri Audhia Hafiez • 08 Juli 2020 07:54
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Markas KPK tak elok. Seluruh pihak mestinya mengetahui fungsi kantor Lembaga Antirasuah.
 
"Gedung KPK semestinya dipergunakan untuk kerja-kerja pemberantasan korupsi, bukan malah dijadikan tempat melaksanakan RDP," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana di Jakarta, Rabu, 8 Juli 2020.
 
Kurnia mengatakan agenda pertemuan antara legislator dengan KPK selaku mitra kerja Komisi III mestinya dilakukan di DPR secara terbuka. Sehingga publik mengetahui jawaban KPK atas sejumlah kontroversi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya penggunaan helikopter mewah oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Dia menuturkan dugaan pelanggaran kode etik oleh Firli mesti ditindaklanjuti oleh anggota dewan.
 
"Setiap persoalan yang ada di KPK, publik mempunyai hak untuk mengetahui hal tersebut," ujar Kurnia.
 
(Baca: RDP Komisi III di KPK untuk Fungsi Pengawasan)
 
RDP antara Komisi III DPR dengan KPK dilaksanakan tertutup di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Juli 2020. Pelaksanaan rapat terbilang tidak lazim karena biasanya dilaksanakan di Kompleks Parlemen.
 
Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, mengatakan RDP tersebut wajar. Rapat digelar tertutup karena ada hal-hal sensitif yang dibahas.
 
"Ada hal-hal yang mungkin sensitif dipertanyakan oleh anggota, sehingga itu tidak menjadi sesuatu yang disalahartikan ke luar," ujar Herman.
 
Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango mengungkapkan RDP tersebut merupakan inisiatif legislator. Ia tak mengetahui alasan RDP digelar di kantornya.
 
"Kita cuma memfasilitasi saja apa yang diinginkan Komisi III, bahwa mereka meminta rapat dengar pendapat itu dilaksanakan di KPK," ucap Nawawi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif