Konferensi pers Refleksi Akhir Tahun Mahkamah Agung. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Konferensi pers Refleksi Akhir Tahun Mahkamah Agung. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

MA Urus Sekitar 1.600 Perkara Tiap Bulan di 2019

Nasional Mahkamah Agung RI
Yurike Budiman • 27 Desember 2019 14:45
Jakarta: Sebanyak 19.370 perkara didaftarkan ke Mahkamah Agung (MA) sepanjang 2019. Jumlah ini meningkat 12,91 persen ketimbang tahun sebelumnya, atau sekitar 1.600 perkara tiap bulan.
 
"Setiap tahun, perkara semakin banyak di Mahkamah Agung," kata Ketua MA Muhammad Hatta Ali dalam konferensi pers 'Refleksi Akhir Tahun' di kantor MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Desember 2019.
 
Total perkara yang menjadi beban MA tahun ini sebanyak 20.276. Sebanyak 20.021 perkara di antaranya telah diputus lembaga tertinggi peradilan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada kesan bahwa masyarakat tidak percaya lagi kepada lembaga peradilan tetapi buktinya perkara setiap tahun semakin banyak. Berarti ada nilai positifnya, masyarakat semakin percaya pada badan peradilan," ujarnya.
 
Sisa perkara yang belum memiliki putusan yakni sebanyak 255 perkara. Hatta Ali mengeklaim jumlah ini lebih baik ketimbang tahun sebelumnya yang menyisakan 906 perkara. Hatta Ali meyakini sisa perkara yang belum diputus semakin berkurang sebelum masuk Januari 2020.
 
Ia menambahkan 96,20 persen perkara mampu divonis dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan. Ini sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung (SK KMA) Nomor 214 tahun 2014.
 
"Bahwa penyelesaian perkara pada tingkat pertama paling lama dua bulan, pada tingkat banding paling lama 3 bulan dan pada tingkat Mahkamah Agung paling lama 3 bulan," papar Hatta.
 
Ia juga menyebutkan ada 18.274 perkara telah dimutasi dan dikirim ke pengadilan pengaju. Dari sisi transparansi peradilan, lanjut dia, Direktori Putusan telah mengunggah 4.326.850 putusan.
 
"Untuk itu saya sangat mengapresiasi kinerja para hakim agung, panitera pengganti MA dan semua unit penunjang lainnya," tutupnya.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif