Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi/Medcom.id/Fachri Audia Hafiez
Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi/Medcom.id/Fachri Audia Hafiez

MUI Minta Kampus Sigap Tangkal Radikalisme

Nasional terorisme radikalisme Tangkal Radikalisme
Fachri Audhia Hafiez • 06 Juni 2018 07:06
Jakarta: Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi meminta manajemen kampus seluruh Indonesia sigap menangkal radikalisme. Penangkalan penting guna mencegah mahasiswa terpengaruh paham tak benar.
 
"Saya kira dari rektorat harus mencermati dan lebih mewaspadai terhadap indikasi munculnya gerakan-gerakan radikalisme di kampus," tegas Zainut di Gedung MUI, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018.
 
Baca: Terduga Teroris Rakit Bom di Sekretariat Kemahasiswaan FISIP UNRI

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zainut menegaskan citra kampus akan tercederai jika radikalisme berkembang luas di kalangan mahasiswa. Kegiatan forum kampus perlu 'dipelototi'.
 
"Langkah-langkah yang tegas dan preventif akan terpengaruh terhadap kegiatan kampus sendiri sebagai forum belajar yang harus dijaga kemurniannya sebagai majelis ilmu," ujar Zainut.
 
Baca: Mahasiswa Diminta Aktif Mencegah Radikalisme
 
MUI juga meminta Polri memberikan informasi dan menyosialisasikan bahaya radikalisme. Masyarakat juga diminta mendukung kinerja Polri memberantas paham radikal.
 
"Masyarakat juga jangan curiga yang berlebihan kepada aparat. Serahkan mekanisme hukum. Polri juga nanti akan memberikan data-data laporannya secara baik lengkap kepada masyarakat," ujar Zainut.
 
Baca: Terorisme di Kampus Sulit Dideteksi
 
Radikalisme memasuki kampus. Densus 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris di Gelanggang Mahasiswwa FISIP Universitas Riau (UNRI).
 
Polisi menyita empat bom rakitan siap ledak. Bom dirakit di salah satu sekretariat lembaga kemahasiswaan. Aparat juga menyita 8 bubuk bahan peledak dan bahan lain yang diduga digunakan merakit bom. Busur, sejumlah anak panah, senapan angin, dan satu granat tangan rakitan juga diangkut dari lokasi itu.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif