Pensiunan PNS Diperiksa Terkait Kasus Meikarta

Sunnaholomi Halakrispen 23 Oktober 2018 12:43 WIB
OTT Pejabat Bekasi
Pensiunan PNS Diperiksa Terkait Kasus Meikarta
Ilustrasi KPK - MI.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap proyek pembangunan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat. Hari ini penyidik memanggil seorang pensiunan PNS, Daryanto. 

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS (Direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Oktober 2018.

KPK turut memanggil seorang karyawan swasta Joseph Christoper Mailool. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka yang sama. 


Kemarin penyidik memeriksa delapan tersangka dalam kasus ini. Febri menyebut penyidik tengah menelisik peran para tersangka. 

(Baca juga: Sejumlah Kadis Kabupaten Bekasi Ikut Terima Suap)

KPK akan mendalami peran pihak yang diduga memberikan suap lewat proses pembicaraan, pembahasan, sampai realisasi pemberian komitmen fee. Selain itu, KPK juga menelusuri dugaan pihak-pihak yang menerima di level instansi.

"Pihak-pihak yang menerima baik level kepala dinas atau bupati itu sendiri itu yang didalami tahap awal ini," ucap Febri.

Dalam kasus ini, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan anak buahnya diduga telah menerima hadiah atau janji dari Lippo Group terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta. Sejauh ini pemberian yang telah terealisasi untuk Neneng Hasanah dan anak buahnya sebanyak Rp7 miliar. 

Uang itu diberikan Lippo Group kepada Neneng Hasanah melalui para kepala dinas.

(Baca juga: Sengkarut Lippo Group di Pusaran Suap Meikarta)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id