Polisi merilis tersangka pemasang spanduk rasisme di Cililitan, Jaktim. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Polisi merilis tersangka pemasang spanduk rasisme di Cililitan, Jaktim. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Pemasang Spanduk Rasisme di Cililitan Ditangkap

Nasional rasisme
Candra Yuri Nuralam • 23 Januari 2020 18:17
Jakarta: Tim Subdirektorat 4 Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap Andy M Saleh, 58, atas kasus rasisme. Dia memasang spanduk menyerang kelompok tertentu di Cililitan, Jakarta Timur.
 
"Dia mengonsep sendiri kemudian membuat, memesan, dan menyuruh memasang spanduk tersebut," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Januari 2020.
 
Menurut dia, spanduk dari Andy ramai di media sosial, Kamis, 16 Januari 2020. Spanduk itu berisikan ajakan mendemo Bioskop XXI dari Pusat Grosir Cililitan (PGC) dengan menyinggung etnis tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim Jatanras Polda Metro langsung mengejar Andi ke rumahnya di Kramat Jati, Jakarta Timur. Spanduk itu langsung dicopot.
 
"Dicabut bersama-sama teman-teman polsek, polres, dan koramil karena sudah viral ke mana-mana jangan sampai menjadi masalah di masyarakat," ujar Yusri.
 
Andy, kata dia, mengaku membuat spanduk itu dengan modal sendiri. Yusri mengatakan motif Andy membuat spanduk itu hanya karena permasalahan ekonomi.
 
Atas tindakannya pelaku diancam dengan Pasal 156 KUHP dan Pasal 55 KUHP. Dia terancam hukuman lima tahun penjara.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif