Jaksa Agung M Prasetyo. Foto: Medcom.id/Lukman Diah Sari..
Jaksa Agung M Prasetyo. Foto: Medcom.id/Lukman Diah Sari..

Kejaksaan Incar Aset Yayasan Supersemar

Nasional supersemar
Ilham wibowo • 03 Juli 2018 15:40
Jakarta: Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan segera mengeksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan Yayasan Supersemar menyelewengkan dana negara. Yayasan yang dibentuk Presiden kedua RI Soeharto itu wajib mengembalikan total duit Rp4 Triliun.
 
"Jaksa Agung sebagai wakil negara dalam tugas perdata, memang putusan MA yang panjang prosesnya itu ternyata memenangkan pemerintah untuk lanjutannya (Yayasan Supersemar) harus bayar Rp4 Triliun sesuai putusan pengadilan," ucap Prasetyo di Kompleks Kejagung, Selasa, 3 Juli 2018.
 
Pihak kejaksaan sebagai pemegang kuasa khusus pemerintah akan segera meminta pengadilan untuk segara dieksekusi. Aset Yayasan Supersemar bakal ditelusuri untuk mengganti kerugian negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami bantu inventarisir dan kumpulkan informasi aset Supersemar, baik dalam bentuk rekening maupun uang di bank, aset bergerak maupun aset tidak bergerak," ungkapnya.
 
Baca: Yayasan Supersemar Kembali Mangkir
Prasetyo mengatakan, pengumpulan duit tersebut tak bisa dilakukan seketika. Perlu kerja sama yang baik agar pihak tergugat menyadari putusan pengadilan terebut.
 
"Sekarang baru berhasil dikumpulkan sekitar Rp300 miliar dari Rp4 triliun, masih banyak, tentu kita harapkan pihak tergugat (melunasi) yang sudah diputuskan," ucapnya.
 
Ia membantah Kejaksaan Agung telah melakukan pembekuan terhadap penerima beasiswa Yayasan Supersemar.
 
"Kami tidak membekukan penerima Supersemar tapi kami meminta Pengadilan Negeri Jakarta Selatan segera melaksanakan atau mengeksekusi putusan perdata yang sudah memiliki kekuatan hukum," pungkasnya.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif