Wawancara Hakim Agung. Foto: dokumen KY
Wawancara Hakim Agung. Foto: dokumen KY

KY Pastikan Loloskan Calon Hakim Agung Berintegritas

Nasional seleksi hakim agung
Theofilus Ifan Sucipto • 19 November 2019 06:37
Jakarta: Komisi Yudisial (KY) menggelar seleksi wawancara terbuka pemungkas calon hakim agung. Nama-nama yang lolos seleksi dipastikan yang terbaik.
 
"Calon yang diusulkan KY adalah yang memenuhi kapasitas dan integritas,” kata Ketua KY Jaja Ahmad Jayus di Jakarta, Senin, 18 November 2019.
 
Jaja menyebut nama-nama calon hakim agung yang lolos seleksi selanjutnya diserahkan pada DPR. Anggota dewan bakal menggelar uji kepatutan dan kelayakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KY berkomitmen mengawal seluruh proses tersebut. “Caranya dengan menjalani komunikasi yang intens sehingga para calon yang diajukan dapat disetujui,” kata dia.
 
Wawancara empat calon hakim ad hoc hubungan idustrial menutup rangkaian seleksi. Keempatnya digali sejumlah hal.
 
“Wawancara difokuskan menggali mengenai visi, misi, komitmen serta kenegarawanan, dan penguasaan hukum materiil dan formil para calon,” beber Jaja.
 
Keempatnya, hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri (PN) Gresik Jaka Mulyata dan advokat Willy Farianto yang mewakili unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Kemudian, hakim ad hoc PHI PN Samarinda M. Mariyanto dan hakim ad hoc PHI PN Semarang Sugiyanto yang mewakili unsur Serikat Pekerja atau Serikat Buruh.
 
Calon peserta hakim ad hoc menjalani wawancara di depan sejumlah panelis. Mulai dari anggota KY, negarawan K.H Nasaruddin Umar, dan mantan hakim agung Djafni Djamal.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif