Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari (kiri) di Ruang Pers KY, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Cindy
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari (kiri) di Ruang Pers KY, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Cindy

13 Calon Hakim Agung Lolos ke Tahap Wawancara

Nasional seleksi hakim agung
Cindy • 05 November 2019 21:24
Jakarta: Komisi Yudisial (KY) meloloskan 13 calon hakim agung (CHA) dari tahap III seleksi kepribadian dan kesehatan. Keputusan tersebut diambil usai rapat pleno di Gedung KY, Jakarta Pusat, Selasa, 5 November 2019.
 
"Berdasarkan hasil sidang pleno, kami memutuskan ada 13 CHA yang lolos untuk mengikuti tahap pewawancara," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari di Ruang Pers KY, Jakarta Pusat, Selasa, 5 November 2019.
 
Aidul menjelaskan seleksi kepribadian meliputi 12 aspek yang ditentukan assesment center KY. Seleksi kepribadian juga meliputi penelusuran rekam jejak CHA. Sementara seleksi kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari 13 CHA yang lolos berasal dari jalur karier sebanyak 12 orang dan nonkarier satu orang. 10 orang berprofesi hakim, satu orang akademisi dan dua orang hakim pajak," terang eks Ketua KY itu.
 
Sementara berdasarkan jenis kelamin, 11 orang calon merupakan laki-laki dan dua orang perempuan. Untuk kategori pendidikan, tujuh orang bergelar doktor (S3) dan enam orang lainnya bergelar master (S2).
 
Seleksi CHA untuk mengisi delapan jabatan hakim agung. Rinciannya, tiga orang mengisi kamar pidana, satu orang kamar agama, dua orang untuk kamar militer, empat orang kamar perdana dan satu orang untuk kamar tata usaha negara khusus pajak.
 
Berikut nama-nama CHA yang lulus tahap III. Kamar agama diisi dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Ahmad Choiri dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, Busra.
 
CHA yang mengisi kamar perdata, yakni Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Denpasar, Dwi Sugiarto, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Maryana, Panitera Muda Perdata Khusus Mahkamah Agung (MA), Rahmi Mulyati dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Denpasar, Sumpeno.
 
Kamar pidana dua orang antara lain Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang, Artha Theresia Silalahi dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Banjarmasin Soesilo. Untuk kamar militer tiga orang, yaitu Hakim Tinggi Badan Pengawasan MA, Kolonel Sus Reki Irene Lumme, Hakim Militer Utama DILMILTAMA, Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, dan Dosen Sekolah Tinggi Hukum Militer Ditkumad, Kolonel Tiarsen Buaton.
 
Terakhir kamar tata usaha negara dua orang meliputi Wakil Ketua III Pengadilan Pajak bidang Pembinaan dan Pengawasan Kinerja Hakim, Saetono dan Hakim Pengadilan Pajak, Triyino Martanto. Kedua CHA ini berasal dari Kementerian Keuangan.
 
Aidul berharap seluruh CHA yang lolos bisa mengikuti tahap wawancara yang dilaksanakan di Kantor KY pada 12-14 November 2019. Mereka akan diwawancarai sembilan panelis. Wawancara juga terbuka untuk umum.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif