Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang. Foto: MI/Rommy Pujianto
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang. Foto: MI/Rommy Pujianto

KPK: Sumpah Pemuda Momen Keberanian Pemberantasan Korupsi

Nasional sumpah pemuda pemberantasan korupsi
Fachri Audhia Hafiez • 28 Oktober 2019 12:45
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, menilai momen Sumpah Pemuda mengukuhkan integritas sebagai bangsa. Itu bisa diwujudkan dengan memperkuat upaya penegakan hukum di bidang tindak pidana korupsi.
 
"Melanjutkan nilai yang kita miliki dan pahami tentang integritas bangsa yang jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil dalam penegakan hukum. Utamanya hukum anti korupsi yang akan mengawal mimpi negeri ini di masa depan yang sustain," ujar Saut di Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Saut mengungkapkan esensi ikrar Sumpah Pemuda ialah kesepemahaman visi dan misi sebagai rakyat Indonesia. Peristiwa yang terjadi pada 28 Oktober 1928 itu, merupakan suatu kesamaan menuju masa depan bangsa yang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesamaan visi misi tanpa kecuali, tentang apa peran dan latar belakang kita. (Kini) tentang menuju seperti apa Indonesia di masa depan, dari situasi resource yang kita miliki dan hadapi saat ini," ujar Saut.
 
Dia menjelaskan Sumpah Pemuda jangan sekadar mengurusi persoalan administrasi negara. Hal itu sudah dilakukan sejak kemerdekaan 1945.
 
"Oleh sebab itu mari memulai membersihkan negeri ini melebihi dari sekadar batasan undang-undang, peraturan, kode etik, dan seterusnya," ucap Saut.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif