Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

BNPT Cegah Penyusupan Teroris di Tubuh Kementerian BUMN

Siti Yona Hukmana • 03 Februari 2022 09:59
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkomitmen mencegah penyusupan aksi terorisme di lingkup Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satu instansi pemerintah itu menjadi target kelompok teroris untuk menyebar radikalisme dan ekstremisme.
 
"Pencegahannya kita kesiapsiagaan nasional, kemudian kita melakukan kontra radikalisasi, kontra narasi, kontra propaganda, kontra ideologi," kata Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid kepada Medcom.id, Kamis, 3 Februari 2022.
 
Ahmad mengatakan BNPT telah mengantisipasi masuknya kelompok radikal dan teroris di tempat kerja. Yakni, bekerja sama dengan BUMN untuk profiling dan skrining Aparatur Sipil Negara (ASN), karyawan BUMN, hingga pegawai perusahaan swasta lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Caranya) kita cek penggunaan dana CSR, supaya tidak salah menyalurkan," ungkap Ahmad.
 
Baca: Pendanaan Gerakan Terorisme Berubah, PPATK Tingkatkan Pengawasan
 
Ahmad menyebut pihaknya juga akan bekerja sama untuk menjamin dan memastikan masjid atau sarana tempat peribadatan di perusahaan BUMN maupun swasta tidak terafiliasi dan tidak dikuasai oleh kelompok-kelompok jaringan radikal atau terorisme. Masjid, kata dia, bisa disalahgunakan menjadi tempat terselubung untuk menyebarkan paham-paham radikalisme dan terorisme tersebut.
 
BNPT mengukur Indeks Potensi Radikalisme di BUMN dan lainnya pada 2019. Hasilnya, sebanyak 9,2 persen pegawai BUMN disebut telah terpapar paham radikalisme.
 
Kemudian, untuk perusahaan swasta ada sebanyak 23 persen, ASN 19 persen. Lalu, pelajar SMA maupun mahasiswa lebih dari 23 persen.
 
"Itu yang sudah masuk Indeks Potensi Radikalisme, bukan terorisme," ungkap jenderal polisi bintang satu itu.
 
Halaman Selanjutnya
  Ideologi Takfiri Indikator…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif