KPK Eksaminasi Kasus Penyobekan Buku Merah

Whisnu Mardiansyah 10 Oktober 2018 14:11 WIB
Buku Merah KPK
KPK Eksaminasi Kasus Penyobekan Buku Merah
Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: MI/Rommy.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengeksaminasi kasus dugaan penyobekan dokumen catatan keuangan impor daging milik Direktur CV Sumber Laut Perkasa Basuki Hariman. Kasus ini sebelumnya diduga melibatkan dua anggota polisi yang ditarik kembali ke Mabes Polri.
 
"Hari ini Pak Herry (Deputi Bidang Pengawasan Intenal dan Pengaduan Masyarakat KPK) sebagai deputi baru  akan melakukan eksaminasi terhadap itu," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Oktober 2018.
 
Agus mengatakan telah memeriksa kamera pengawas. Dari rekaman CCTV tidak terlihat adanya penyobekan dokumen berupa buku bersampul merah.
 
"Karena terjadi perdebatan, kita belum memberikan sanksi yang semestinya. Karena memang belum ketemu kemudian dipulangkan (ke Polri)," jelas Agus.
 
Seperti diketahui, kasus dugaaan suap Direktur CV Sumber Laut Perkasa Basuki Hariman ke beberapa nama kembali mencuat setelah adanya pemberitaan dari website Indonesia Leaks.

Baca: KPK Pasrah Bukti Aliran Uang ke Kapolri Hilang

Dalam laporan itu, disebutkan ada buku catatan keuangan bersampul merah yang diduga memuat aliran dana dana dari Basuki kepada sejumlah orang. Salah satu nama yang disebut-sebut tercantum di dalamnya adalah Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Nama Tito disebut menerima uang ketika masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.
 
Laporan Indonesia Leaks juga menyebutkan buku bersampul merah itu diduga dirusak oleh dua penyidik KPK. Mereka adalah AKBP Roland Rolandy dan Kompol Harun, namun keduanya kini telah ditarik kembali ke Polri sehingga KPK kesulitan memeriksa kedua orang itu.




(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id