Terpidana kasus suap M Sanusi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Terpidana kasus suap M Sanusi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

MA 'Sunat' Hukuman M Sanusi

Nasional kpk tangkap legislator dki
Fachri Audhia Hafiez • 01 November 2019 16:03
Jakarta: Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan Peninjauan Kembali (PK) mantan anggota DPRD Jakarta dari Fraksi Gerindra, M Sanusi. Hukuman terpidana suap pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta itu menjadi tujuh tahun penjara.
 
"Mengabulkan permohonan PK Pemohon, membatalkan putusan Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan MA mengadili kembali dengan menjatuhkan pidana penjara sama dengan pidana yang dijatuhkan oleh Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yaitu tujuh tahun penjara," kata juru bicara MA Andi Samsan Nganro di Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
MA juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa pidana denda Rp250 juta subsider dua bulan kurungan. Putusan ini sama dengan putusan di pengadilan tingkat pertama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Putusan itu diambil Ketua Majelis Hakim, Agung Surya Jaya didampingi H Eddy Army dan LL Hutagalung. Putusan tidak bulat lantaran Surya Jaya mengajukan dissenting opinion (perbedaan pendapat).
 
Sebelumnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengabulkan banding Jaksa Penuntut Umum pada KPK. Sanusi divonis 10 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider empat bulan kurungan.
 
Sanusi dinilai terbukti menerima suap Rp2 miliar dari bos Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja, pada Maret 2016. Uang tersebut terkait dengan pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta di Balegda DPRD DKI. Sanusi juga dinilai terbukti melakukan pencucian uang Rp45 miliar.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif