Kawasan JITC Tanjung Priok. Foto: Medcom/Yurike
Kawasan JITC Tanjung Priok. Foto: Medcom/Yurike

Pelaku Pungli di JICT Jadi Tersangka

Nasional polri pungutan liar Pungli Tanjung Priok Penegakan Hukum
Yurike Budiman • 21 Oktober 2021 18:50
Jakarta: Pelaku pungutan liar (pungli) terhadap sopir truk di Jakarta International Container Terminal (JICT) ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup.
 
"Sekarang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Totalnya yang bermain satu orang dan masih kita kembangkan," kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Sang Ngurah Wiratama di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis, 21 Oktober 2021.
 
Wiratama menegaskan tersangka merupakan karyawan outsourcing yang bekerja sebagai operator crane. Pihak JICT juga telah membantu proses penyelidikan. Tak sampai 24 jam, pelaku ditangkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tersangka R baru sejak bulan ini saja beraksi dan masih pemain tunggal," kata Wiratama.
 
Baca: Pungli di JITC Kembali Terjadi, Polisi Tangkap Pelaku
 
Sebelumnya, pada Juni 2021, pihak kepolisian menangkap puluhan orang yang menjadi tersangka pungli di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Kini, aksi pungli terjadi kembali dan terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial.
 
Polres Pelabuhan Tanjung Priok juga telah mengambil langkah untuk mengantisipasi hal serupa agar tidak terjadi lagi, dengan melakukan patroli di sekitar pelabuhan. Menurut Wiratama, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan stakeholder  terkait.
 
"Dalam hal ini pihak JICT juga perlu pengawasan dan tindakan tegas agar operator-operator itu tidak lagi pungli, karena kasihan juga sopir truk ini yang pendapatannya tidak terlalu besar, harus menjadi korban," kata Wiratama.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif