Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto
Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto

Ini Faktor Penyebab Terjadinya Korupsi Menurut Firli Bahuri

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi pencegahan korupsi Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 18 April 2022 07:28
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membeberkan sejumlah faktor yang membuat praktik rasuah terjadi di Tanah Air. Korupsi tidak melulu terjadi karena adanya keserakahan.
 
"Dalam berbagai kesempatan, saya selalu menyampaikan faktor utama penyebab korupsi menurut teori Jack Bologne, yakni greed (keserakahan), opportunity (kesempatan), need (kebutuhan), dan exposure (pengungkapan)," kata Firli melalui keterangan tertulis, Senin, 18 April 2022.
 
Firli mengatakan korupsi juga terjadi karena minimnya moral, etika, dan integritas. Korupsi bisa terjadi karena adanya kesempatan seperti minimnya sistem pencegahan yang dibuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga, dapat membuka celah bagi kejahatan korupsi," ujar Firli.
 
KPK memiliki tiga pendekatan untuk mencegah korupsi terjadi di Indonesia. Pertama, mengedepankan pendidikan antikorupsi ke masyarakat.
 
Baca: Firli: Pemberantasan Korupsi Bukan Cuma OTT
 
Lalu, KPK berusaha mencegah korupsi dengan memperkuat sistem yang lemah agar menjadi lebih baik. Terakhir, pendekatan penindakan yang akan dilakukan secara tegas dan profesional untuk pejabat maupun pihak swasta yang berani terlibat korupsi.
 
Ketiga cara itu diyakini mumpuni untuk mencegah korupsi di Indonesia. KPK yakin strateginya bisa membuat Indonesia bebas dari korupsi ke depannya.
 
"Strategi pemberantasan korupsi yang mendasar, sistemik, dan holistik serta terintegrasi merupakan semangat baru dalam orkestrasi pemberantasan korupsi," kata Firli.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif