Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto
Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto

Firli: Pemberantasan Korupsi Bukan Cuma OTT

Nasional KPK kasus korupsi pencegahan korupsi Pemberantasan Korupsi OTT KPK
Candra Yuri Nuralam • 18 April 2022 07:05
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan instansinya bukan cuma melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Pencegahan juga penting dalam memberangus praktik rasuah.
 
"Kami sangat menyadari bahwa pemberantasan korupsi bukan hanya OTT, walaupun itu perlu dan penting. Namun, langkah sukses pencegahan korupsi dengan perbaikan sistem itu juga tidak kalah pentingnya," kata Firli melalui keterangan tertulis, Senin, 18 April 2022.
 
Firli mengatakan OTT merupakan upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK dalam strategi penindakan. Di sisi lain, KPK memiliki strategi pendekatan pendidikan antikorupsi dan pencegahan melalui perbaikan sistem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di samping upaya pencegahan korupsi, membangun budaya antikorupsi melalui pendidikan masyarakat itu juga bersifat fundamental," ujar Firli.
 
Baca: KPK Bingung OTT Tak Bikin Kepala Daerah Kapok
 
Ketiga strategi itu dipastikan dijalankan KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia. "Kami menamainya sebagai orkestrasi pemberantasan korupsi, yaitu langkah efektif dan komprehensif pemberantasan korupsi," kata Firli.
 
Upaya pencegahan dengan pendidikan antirasuah juga diyakini penting dilakukan untuk memberantas korupsi di Indonesia. Mendidik masyarakat bisa meningkatkan integritas agar tidak mudah terhasut sikap koruptif.
 
"Pendidikan masyarakat menimbulkan kesadaran sehingga orang tidak mau melakukan korupsi. Pencegahan dengan perbaikan sistem menutup peluang dan celah untuk melakukan korupsi," kata Firli.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif