Ilustrasi KPK. MI
Ilustrasi KPK. MI

1.074 Keluhan Terkait Bansos Diserahkan, Kemensos Didesak Menindaklanjuti

Fachri Audhia Hafiez • 09 September 2020 13:28
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima ribuan keluhan terkait bantuan sosial (bansos) dari pemerintah melalui aplikasi Jaga Bansos. Laporan itu disampaikan langsung ke Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.
 
"Hingga 4 september 2020 ada 1.074 keluhan terkait bansos ini. Sudah kita sampaikan ke Pak Menteri (Juliari)," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi televideo, Rabu, 9 September 2020.
 
Keluhan paling banyak dari warga DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Mayoritas masyarakat mengeluh tidak menerima bansos meski sudah mendaftar.

KPK merekomendasikan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memperbaiki sistem validasi penerima bantuan yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Kemensos didorong membuat koneksi antartim penyalur bansos di lapangan guna menyelesaikan keluhan warga.
 
"Sehingga keluhan tersebut bisa langsung ditindaklanjuti dan tidak terlalu lama untuk diselesaikan," ujar Lili.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan