Video suntingan Komjen (Purn) Syafruddin yang disandingkan dengan foto anggota memukuli pedemo. Dok. Polri
Video suntingan Komjen (Purn) Syafruddin yang disandingkan dengan foto anggota memukuli pedemo. Dok. Polri

Polri: Hoaks Pernyataan Wakapolri soal Polisi Pukul Pedemo Video 2016

Nasional polri Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Siti Yona Hukmana • 10 Oktober 2020 03:11
Jakarta: Mabes Polri buka suara soal video pernyataan Wakapolri Komjen (Purn) Syafruddin yang disandingkan dengan foto anggota memukuli pedemo. Video itu dikaitkan dengan demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dan viral di media sosial.
 
"Itu video adalah pada 2016 saat itu beliau sebagai Wakapolri. Beliau sudah pensiun sejak 2018," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Awi mengatakan video itu dibuat Komjen (Purn) Syafruddin setelah ditegur Presiden Joko Widodo. Teguran itu terjadi karena ada pungutan liar (pungli) di jalan lintas Sumatra yang dilakukan oleh anggota kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Makanya di dalam video kontennya itu kan beliau menyampaikan akan menindak tegas kepada anggota yang melakukan pungli," jelas jenderal bintang satu itu.
 
Baca: Mencari Kambing Hitam Kerusuhan Demo UU Cipta Kerja Bukan Solusi
 
Namun, kata Awi, video itu disandingkan dengan foto anggota kepolisian yang terlihat menendang seseorang yang disebut-sebut pedemo. Dalam video, Syafruddin berjanji menindak tegas polisi yang melanggar aturan.
 
"Nah ini yang perlu kami luruskan, bahwasanya itu video digandengkan dengan gambar yang saat ini marak demo Omnibus Law, tentunya tidak benar," imbuh Awi.
 
Berikut narasi video viral tersebu:
 
"Silakan para media videokan semua polisi yang ada di jalan, ini perintah saya ya saya langsung pecat begitu ada videonya kalau ada videonya benar. Saya perintahkan langsung pecat pada hari itu. Keras sekali kita, karena sudah cukup negara memberikan kepada mereka, tidak kurang lagi," demikian pernyataan Komjen (Purn) Syafruddin.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif