Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Dok/Istimewa
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Dok/Istimewa

Korupsi Ngeri, Firli: Bahayanya Seperti Komunis

Fachri Audhia Hafiez • 01 Oktober 2022 09:35
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menilai perbuatan rasuah mirip bahaya laten komunis. Korupsi awalnya dilakukan secara bersama-sama dan menganggap kejahatan itu hal biasa.
 
"Pergerakannya mirip-mirip bahaya laten komunis di mana awalnya dilakukan secara bergerilya, lalu mulai berani muncul setelah dianggap sebagai sesuatu hal biasa, dan mulai eksis ketika dipandang sebagai kultur budaya bangsa," kata Firli melalui keterangan tertulis, Sabtu, 1 Oktober 2022.
 
Firli mengatakan pemberantasan korupsi sama halnya memberantas komunis. Masalah harus dibereskan dari titik mulanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Laten atau paham korupsi harus diberantas mulai jantung sampai ke akar-akarnya," ujar Firli.
 

Baca juga: Firli Ingin Bahaya Laten Korupsi Lenyap Seperti G30S/PKI


Kesadaran nasional juga dibutuhkan untuk bersama-sama menekan celah laju pergerakan kejahatan rasuah. Firli mengingatkan bahwa korupsi merugikan keuangan negara dan dampak destruktifnya yang sistemik dapat menghancurkan sebuah bangsa.
 
"Sekali lagi saya tekankan, pengentasan laten korupsi membutuhkan peran aktif dan konsistensi nasional seluruh eksponen bangsa dan negara, agar penanganan kejahatan kemanusiaan ini yang KPK mulai hulu hingga hilir, dapat berjalan efektif, tepat, cepat, terukur dan efisien," jelas Firli.
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif