NEWSTICKER
Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Perpres Dewas KPK Diyakini Percepat Penindakan

Nasional Dewan Pengawas KPK
Arga sumantri • 06 Januari 2020 18:29
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal membentuk Sekretariat Dewan Pengawas KPK. Hal itu sesuaiPeraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2019 tentang Organ Pelaksana Dewan Pengawas KPK.
 
"Tentu secara teknis akanmembantu tugaslembaga Antirasuah. Mempercepat tugas-tugas KPK terkait teknis izin-izin penyitaan, penyadapan dan penggeledahan dan lainnya," kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK Jakarta, Senin, 6 Januari 2020.
 
Perpres itu diteken Presiden Joko Widodo pada 30 Desember 2019. Sehari setelahnya, peraturan turunan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK tersebut resmi diundangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perpres menjelaskan, dalam menjalankan tugas, Dewas KPK membentuk organ pelaksana yakni Sekretariat Dewan Pengawas. Bidang ini akan dipimpin Kepala Sekretariat yang bertanggung jawab langsung pada Ketua Dewas KPK.
 
Sekretariat Dewas KPK akan menyampaikan laporan berkala atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Organ pelaksana itu juga bertugas mendukung administratif dan teknis operasional kepada Dewan Pengawas KPK dalam mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang di KPK.
 
Perpres juga mengatur pemilihan Dewas KPK periode mendatang tidak lagi ditunjuk langsung Presiden. Dewas KPK jilid II akan melibatkan panitia seleksi (pansel).
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif