Wali Kota Singkawang melakukan peninjauan kondisi Pasar Beringin yang ambruk. (ANTARA/Rudi)
Wali Kota Singkawang melakukan peninjauan kondisi Pasar Beringin yang ambruk. (ANTARA/Rudi)

Ambruk, Pasar Beringin Singkawang Segera Direnovasi

Nasional bangunan ambruk pasar tradisional renovasi pasar
Antara • 11 November 2020 11:54
Pontianak: Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, segera merenovasi Pasar Beringin, yang ambruk pada Selasa dini hari, 10 November 2020.
 
"Bangunan Los D Pasar Beringin Singkawang ambruk dan memang rencananya segera direnovasi oleh Pemkot Singkawang hari ini," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Rabu, 11 November 2020.
 
Menurutnya, bangunan yang roboh di pasar sudah puluhan tahun belum pernah dilakukan perbaikan. Dia berjanji akan segera menyelesaikan pembangunan Los D yang roboh sehingga bisa segera ditempati kembali oleh pedagang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dua pekan lalu para pedagang yang menempati Los D sudah diingatkan oleh Kadis Perdagangan untuk segera pindah ke tempat lain karena akan segera dilakukan renovasi. Untungnya dari kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa," tuturnya.
 
Baca juga: Guru TK di Jombang Cuci Uang Hasil Narkoba untuk Beli Mercy
 
Menurutnya, renovasi pembangunan Pasar Beringin Singkawang khususnya di Los D menggunakan APBD-P 2020 sebesar Rp200 juta. Untuk pembangunan revitalisasi secara keseluruhan akan melibatkan pihak ketiga pada 2021.
 
"Tahapan selanjutnya kita akan menggandeng pihak ketiga yang saat ini sudah dalam proses. Karena sekarang masih dalam penyelesaian aset Pasar Beringin Singkawang," terang dia.
 
Tjhai berharap pada awal 2021, Pasar Beringin Singkawang sudah bisa direvitalisasi secara keseluruhan.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin, mengaku mendapatkan informasi jika bangunan Los D Pasar Beringin Singkawang roboh, pada pukul 02.00
 
 

Menurutnya, para pedagang di pasar telah diingatkan untuk segera pindah dari Los D lantaran rawan ambruk. "Tempat-tempat yang sudah kita sediakan di areal sekitar Pasar Beringin Singkawang," ungkapnya.
 
Ia menilai renovasi bangunan Los D sangat mendesak, karena bangunan itu sudah tua sejak 1973.
 
"Artinya sudah 43 tahun bangunan ini sama sekali tidak pernah disentuh untuk direnovasi. Dan baru tahun ini akan direnovasi."
 
Sementara dalam proses pengerjaan renovasi, para pedagang yang menempati Los D Pasar Beringin Singkawang akan di tempatkan di samping Pasar Ikan sampai ke arah sungai.
 
"Renovasi Los D Pasar Beringin Singkawang tidak terlalu banyak hanya memperbaiki atap dan meninggikan pondasi. Sehingga pertengahan Desember 2020 diharapkan sudah selesai," tuturnya.
 
(MEL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif