Kendaraan di Pelabuhah Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Metro TV
Kendaraan di Pelabuhah Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Metro TV

Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Diprediksi 7-8 Mei

Nasional Mudik Lebaran Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
MetroTV • 04 Mei 2022 19:48
Banyuwangi: Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi, memprediksi puncak arus balik Hari Raya Idulfitri 2022 terjadi pada 7-8 Mei mendatang.
 
General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Hasan Lessy mengatakan, Pada H+5 dan H+6 Lebaran tersebut diperkirakan pergerakan penumpang pejalan kaki dan kendaraan dari Pelabuhan Gilimanuk Bali yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa akan mencapai puncaknya.
 
"Kita prediksi arus balik terjadi pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022," ujar General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Hasan Lessy, Rabu, 4 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang seperti pada arus mudik, pihaknya telah menyiapkan 3 skenario atau pola operasi. "3 pola yang akan Kita lakukan, yakni pola normal, pola padat dan pola sangat padat," jelasnya.
 
Baca: H+2 Lebaran, Kendaraan Arus Balik Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon
 
Ia menjelaskan pada pola normal dioperasikan 8 kapal penyeberangan, sedangkan pola padat bisa menambah trip dan kapal. Sementara pola sangat padat yakni dilakukan pola full berangkat-full berangkat jadi tidak menungu jadwal.
 
"Selain itu, kita telah menyiapkan 46 kapal untuk melayani penyeberangan dari Gilimanuk dan Ketapang," tambahnya.
 
Sebelumnya, Kakorlantas Polri telah memberikan himbauan agar masyarakat mempercepat kepulangan ke daerah asal setelah menikmati libur lebaran. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan arus kendaraan saat puncak arus balik nanti. (Muhardi)
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif