Kepala Disdukcapil Bangka Tengah, Provinsi Babel, Julhasnan. (FOTO ANTARA/Ahmadi)
Kepala Disdukcapil Bangka Tengah, Provinsi Babel, Julhasnan. (FOTO ANTARA/Ahmadi)

Disdukcapil Bangka Tengah Mulai Rancang KTP Digital

Antara • 10 Agustus 2022 16:25
Koba: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, mulai merancang penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) yang bisa diaktivasi secara digital.
 
"Nanti kita mulai memberlakukan KTP digital yang bisa diakses melalui smartphone," kata Kepala Disdukcapil Bangka Tengah, Julhasnan, di Koba, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Ia menjelaskan, KTP digital merupakan bagian dari transformasi teknologi yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dan bagian dari pelayanan optimal dari pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi KTP digital lebih besar manfaatnya dan lebih sederhana, terutama terkait urusan administrasi yang memerlukan KTP," katanya.
 
Baca juga: Kota Pangkalpinang Mulai Berlakukan KTP Digital

Selain itu, kata dia, KTP digital ini untuk mengantisipasi KTP yang hilang atau tertinggal dan lupa membawanya saat melakukan perjalanan.
 
"Namun kami masih menyiapkan perangkat dan sumber daya manusia untuk menuju penerapan KTP digital secara menyeluruh di masyarakat," katanya.
 
Ia mengatakan, pencetakan ulang KTP yang rusak atau hilang saat ini bisa dilakukan di kantor Disdukcapil seluruh Indonesia karena sudah sistem terintegrasi.
 
"Kalau ada warga Bangka Tengah sedang berada di luar daerah, KTP miliknya rusak atau patah yang bersangkutan bisa langsung pergi ke Dukcapil terdekat," jelas Julhasnan.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif