Pemkot Pangkalpinang mulai berlakukan KTP digital, Selasa (9/8/2022) (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Pangkalpinang)
Pemkot Pangkalpinang mulai berlakukan KTP digital, Selasa (9/8/2022) (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Pangkalpinang)

Kota Pangkalpinang Mulai Berlakukan KTP Digital

Antara • 09 Agustus 2022 17:07
Pangkalpinang: Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, mulai melakukan aktivasi kartu tanda penduduk (KTP) sistem digital untuk mempermudah akses pelayanan publik.
 
“Hari ini saya yang pertama mengaktifkan KTP digital atau identitas digital melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskdukcapil)," kata Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam di Pangkalpinang, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Ia menjelaskan transformasi digital ini dapat memudahkan masyarakat karena seluruh dokumen terkait data kependudukan pribadi dapat langsung diakses secara digital dan mudah digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau lupa membawa e-KTP di perjalanan, tunjukkan saja ini. Mudah-mudahan ini dapat memudahkan masyarakat,” katanya.
 
Radmida mengatakan, aktivasi e-KTP digital untuk saat ini dimulai dari kalangan ASN di Pemkot Pangkalpinang.
 
Baca juga: Wali Kota Surabaya Haramkan Camat dan Lurah Minta Fotokopi KTP Warga

"Ini dilakukan secara bertahap dan penerapan aktivasi bagi masyarakat umum masih dalam tahap penjadwalan oleh Disdukcapil," katanya.
 
Dengan adanya program ini, ia berharap, dapat memudahkan masyarakat yang akan mengakses data kependudukan secara digital.
 
Menurut dia, aplikasi yang menaungi data kependudukan secara digital tersebut sudah terintegrasi dengan beberapa layanan di antaranya NPWP hingga aplikasi PeduliLindungi.
 
“Manfaatnya banyak tidak harus menunjukkan fisik KTP juga bisa,” kata dia.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang Darwin mengatakan pemilihan aktivasi perdana oleh Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang diharapkan dapat menjadi pendorong dan contoh bagi ASN lainnya untuk turut serta menggunakan layanan KTP digital.
 
“Kami harapkan ibu sekda memulai sosialisasi ini selaku atasan langsung, sehingga dapat menjadi contoh bagi pegawai negeri sipil lainnya di pemkot,” katanya.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif