Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.(Dok: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.(Dok: Humas Pemprov Jatim)

Khofifah Wanti-wanti Warga Jauhi Aliran DAS dan Curah Kobokan Semeru

Nasional Erupsi Gunung Khofifah Indar Parawansa gunung semeru Jawa Timur Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
Amaluddin • 05 Desember 2021 16:14
Lumajang: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau warga tidak beraktifitas di daerah aliran sungai (DAS) Mujur, dan Curah Kobokan, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sebab, DAS tersebut dialiri guguran awan panas
 
"Saya mengimbau agar masyarakat tidak panik, dan tidak melakukan aktivitas di aliran DAS Mujur, Curah Kobokan dan DAS yang dimungkinkan dialiri guguran awan panas, karena itu berbahaya," kata Khofifah, saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Dusun Renteng, Desa Sumber Wulu, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang, Minggu, 5 Desember 2021.
 
Pemprov Jatim telah berkoordinasi dengan BPBD Lumajang termasuk dengan perangkat desa setempat dan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA). Koordinasi dilakukan agar petugas mengingatkan masyarakat menjauh dari aliran DAS, khususnya yang dialiri guguran awan panas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Khofifah Sebut Erupsi Semeru 2021 Lebih Besar Ketimbang 2020
 
"Kami tetap terus memonitor perkembangan melalui WAG (Whatsapp Group), Radio. Kami ingatkan masyarakar agar tetap mematuhi himbauan yang disampaikan PVMBG dan pemerintah," ujarnya. 
 
Selain itu, Khofifah meminta bupati dan wali kota di Jatim untuk bergotong royong membantu Kabupaten Lumajang yang tengah dilanda guguran awan panas Gunung Semeru. Bahkan, lanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim bersama BPBD kabupaten setempat dan Tagana sudah saling bergerak dan berkoordinasi.
 
"Insyaallah bupati dan wali kota serta jajaran TNI- POLRI, BNPB, SAR bergotong royong membantu masyarakat Lumajang," ujarnya. 
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif