Balaikota Makassar. (medcom.id/Muhammad Syawaluddin)
Balaikota Makassar. (medcom.id/Muhammad Syawaluddin)

Balaikota Makassar Kemalingan, Kerugian Ratusan Juta

Nasional perampokan pencurian kriminalitas jalanan
Muhammad Syawaluddin • 14 September 2021 19:05
Makassar: Balaikota Makassar, Sulawesi Selatan disatroni maling. Walhasil sejumlah perangkat elektronik di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kantor tersebut raib. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.
 
Kadispora Kota Makassar, Husni Mubarak, membenarkan adanya pencurian yang terjadi di kantornya. Pihaknya mengetahui ada barang hilang saat akan menggunakannya.
 
"Jadi kejadian itu Senin lalu (6 September) saat mau kami gunakan," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 14 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut, beberapa barang yang diambil bandit tersebut yakni satu laptop, printer, 20 rim kertas, adaptor, dan satu piala. Dia menduga, terduga pelaku melakukan aksinya saat hari libur kerja.
 
Baca: Baru Bebas 2 Minggu, Pencuri Motor di Bekasi Kembali Ditangkap
 
"Kerugian Rp30 juta lah kalau dihitung kehilangan. Ada juga data-data yang hilang," imbuhnya.
 
Ia mengungkapkan, dalam aksi pencurian tersebut tidak ada tanda-tanda pembobolan yang dilakukan. Sehingga, pihaknya ragu kalau yang melakukan hal itu adalah orang di luar area balaikota.
 
"Tidak ada tanda pembobolan (perusakan). Saya lihat di dalam ruangan tidak ada pintu yang rusak," jelasnya.
 
Namun, kata dia, pihaknya kesulitan untuk mengetahui pelaku pencurian karena tidak ada kamera pengawas yang terpasang. Tapi, kejadian itu telah dilaporkan.
 
Baca: Nekat Curi Motor, 2 Pria di Tambora Terancam 7 Tahun Penjara
 
Sementara itu, Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ita Isdiana Anwar, mengatakan pihaknya juga kehilangan beberapa barang di kantornya. Dia menaksir, total nilai barang yang hilang mencapai Rp100 juta.
 
Ia menyebut sejumlah barang yang hilang adalah kamera seharga Rp30 juta, dua unit laptop, wireless, kertas HVS, dan tinta sebanyak 70 botol. Pihaknya sudah mengumpulkan bukti-bukti, termasuk kamera pengawas yang ada di sekitar kantornya.
 
"Senin baru kita tahu kalau ada barang hilang. Kalau di sini itu sekitar Rp100 Juta (kerugian)," jelasnya.
 
Dari informasi yang diperoleh, beberapa kantor SKPD lainnya yang juga dibobol oleh maling selain Dispora dan Dinas Pengendalian Penduduk. Sore tadi, Tim Jatanras Polrestabes Makassar melakukan pemeriksaan awal terkait pencurian barang-barang yang ada di Balaikota Makassar.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif