Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)

Jabar Bakal Kelola Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

Nasional sampah lingkungan hidup
Roni Kurniawan • 05 Februari 2020 14:27
Bandung: Sebanyak lima wilayah di Jawa Barat mendapat program pengelolaan sampah plastik menjadi bahan bakar. Lima wilayah itu yakni cekungan Bandung, Bogor, Bekasi-Karawang, Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan), serta Tasikmalaya.
 
"Jadi kalau itu berhasil sebelum 2023 maka Jabar menjadi provinsi pertama di Asia Tenggara yang mempunyai sistem pengolahan sampah plastik semua bisa disedot ke situ," ujar Emil di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Emil menuturkan pembangunan fasilitas untuk setiap wilayah menghabiskan anggaran Rp750 miliar. Anggaran tersebut seluruhnya berasal dari Plastic Energy, perusahaan asal Inggris yang telah menjalin kesepakatan dengan Pemprov Jabar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dari lima wilayah tersebut, baru dua yang dinyatakan siap untuk pembangunan fasilitas pengelolaan sampah plastik. Yakni di tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, dan di Galuga, Bogor.
 
"Jadi nanti Sarimukti berdampingan, ada fasilitas pengelolaan plastiknya. Di Bogor itu nanti kemungkinan lokasinya di Galuga. Dua wilayah itu yang siap bulan ini," sambungnya.
 
Emil mengaku proses pembangunan dimulai pada pertengahan tahun 2020. Pihaknya menargetkan pengelolaan sampah plastik rampung dalam sembilan bulan.
 
Sementara itu, total sampah plastik yang bisa dikonversi menjadi bahan bakar industri yakni 50 ribu ton. Jumlah tersebut akan mengurangi sampah plastik di Jabar, terumana wilayah Bandung Raya dan Bogor.
 
"Sekarang bulan ini lagi digambar DED (Detail Engineering Design)-nya, gambar kerjanya seperti apa," tegasnya.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif