KPU Jepara roadshow sosialisasi Pemilu di PCNU Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.
KPU Jepara roadshow sosialisasi Pemilu di PCNU Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.

KPU Kabupaten Jepara Ajak NU Sukseskan Pemilu 2024

Rhobi Shani • 28 Juni 2022 21:30
Jepara: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, roadshow sosialisasi Pemilu. Kali ini giliran pengurus Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jepara yang disambangi.
 
Ketua KPU Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri, mengatakan silaturahmi ke PCNU Jepara ini penting karena sebagian besar warga Jepara adalah kalangan Nahdliyin. Dukungan NU dalam pelaksanaan Pemilu sangat luas.Seperti partisipasi dalam bentuk pendidikan pemilih maupun demokrasi. 
 
"Pemilu berintegritas perlu adanya pendidikan pemilih untuk mengantisipasi politik uang, politik SARA, berita hoaks yang dapat menganggu keharmonisan masyarakat. NU dapat mengambil peran itu," ujar Subchan, Selasa, 28 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PCNU Jepara yang memiliki jangkauan sampai ke akar rumput, juga dapat mengambil peran dengan memberikan imbauan maupun fatwa, khususnya larangan politik uang. Sebab politik uang masih menjadi tantangan bersama. Pasalnya praktik politik uang merusak proses demokrasi dan membodohi masyarakat.
 
Baca: KPU Solo Sosialisasi Pemilu 2024 dengan Target Pemilih Pemula

"Serta jadi penyebab adanya korupsi dan menghasilkan pemimpin yang tidak berkualitas," kata Subchan.
 
Ketua Tanfidziyah PCNU, Kiai Charis Rohman, menegaskan urgensi pemilu sebagai mekanisme untuk memilih pemimpin. Sebab kondisi sebuah era banyak ditentukan oleh siapa pemimpinnya.
 
"Dalam konteks pemilu, pemimpin itu kita semua yang memilih. Sistem Pemilu saat ini memberi penegasan bahwa kita (pemilih) telah dewasa, karena yang memiliki hak pilih akan bisa memilih pemimpin secara langsung di pemilu," kata Charis Rohman. 
 
Saat ini PCNU Jepara memiliki lebih kurang 6.000 masjid dan musala. Serta memiliki 240 jemaah pengajian di tingkat ranting yang tersebar di semua desa dan kelurahan di Kota Ukir. 
 
"Untuk kegiatan sosialisasi atau ikhtiar untuk literasi berdemokrasi, ruang-ruang itu bisa kami optimalkan. Ada kebutuhan di kalangan nahdliyin, bagaimana proses Pemilu ini berjalan baik, melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik," kata Charis Rohman.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif