Petugas relawan demokrasi mengenalkan surat suara kepada warga di Kudus, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho.
Petugas relawan demokrasi mengenalkan surat suara kepada warga di Kudus, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho.

KPU Solo Sosialisasi Pemilu 2024 dengan Target Pemilih Pemula

Triawati Prihatsari • 28 Juni 2022 15:02
Solo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai melakukan sosialisasi agenda Pemilu 2024 sejak 14 Juni 2022. Sosialisasi dilakukan dengan fokus pada pemilih pemula.
 
"Sesuai dengan peraturan yang berlaku, tahapan Pemilu 2024 sudah kita mulai sejak tanggal 14 Juni 2022. Paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, tahapan harus mulai," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 28 Juni 2022.
 
Baca: Dapat Wejangan dari KPK, Golkar Janji Kadernya Tak Korupsi Lagi

Dia menjelaskan tahapan awal Pemilu 2024 dimulai dengaan penyiapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol). Dan tahapan tersebut berada di KPU Pusat.
 
Namun demikian KPU tingkat daerah turut memantau melakukan verifikasi administrasi. Dia menjelaskan pendaftaran dan verifikasi Parpol dilakukan melalui aplikasi Sipol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi modelnya sudah tidak berbondong-bondong membawa foto kopi Kartu Tanda Anggota (KTA) seperti dulu. Tapi kita sudah menggunakan aplikasi Sipol," jelasnya.
 
Sementara terkait dengan sosialisasi Pemilu 2024, pihaknya fokus pada pemilih pemula. Selain itu setiap bulannya per tanggal 14, KPU Solo melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum terkait adanya agenda Pemilu 2024 yang dilaksanakan 14 Februari 2024.
 
"Kita fokus ke pemilih pemula dan kita lakukan secara fleksibel. Selain itu, kita juga mensosialisasikan aplikasi Lindungi Hakmu. Kita bisa mengkroscek data siapapun sudah masuk daftar pemilih atau belum, sepanjang kita tahu NIK," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif