Ilustrasi/Antara/Oky Lukmansyah
Ilustrasi/Antara/Oky Lukmansyah

Darurat Sipil Tak Cocok di Aceh

Nasional Virus Korona aceh virus corona
Fajri Fatmawati • 31 Maret 2020 22:25
Banda Aceh: Darurat sipil tak cocok diberlakukan di Aceh. Pengamat Hukum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh, Mawardi Ismail menyebut wacana itu tak akan efektif menanggulangi penyebaran korona (covid-19).
 
"Ini akan sangat menyusahkan, Aceh sudah pernah punya pengalaman dengan darurat militer dan darurat sipil, Pemerintah bisa sangat represif dalam menghadapi rakyat," kata Mawardi kepada Medcom.id di Banda Aceh, Selasa, 31 Maret 2020.
 
Baca:Jokowi: Darurat Sipil Belum Diperlukan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pemerintah harus fokus melaksanakan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan UU Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Instrumen tersebut lebih cocok ketimbang opsi darurat sipil.
 
Mawardi juga menyinggung Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Keppres (Keputusan Presiden) Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Dia menyebut kebijakan merupakan tindakan yang tepat.
 
"Namun, untuk pelaksanaannya yang sempurna tentu butuh waktu dan sosialisasi, didamping juga kesiapan pemerintah untuk mengatasi dampaknya, misalnya dampak ekonomi untuk pedagang kecil dan pekerja non formal, yang terkenal dengan motto “Akam" ada kerja ada makan”, ujar Mawardi.
 
Dengan terbitnya PP tersebut, pemerintah pusat meminta semua kebijakan di daerah sesuai aturan. Mawardi menegaskan untuk melaksanakan hal itu, tak perlu dilakukan darurat sipil. Sebab yang terpenting adalah aksi nyata dan segera, kepada masyarakat terdampak.
 
"Di Aceh misalnya kebijakan larangan buka warung, jelas punya dampak luas yang perlu segera ditanggulangi, barangkali melalui program jaring pengaman sosial, intinya perlu aksi nyata agar publik tidak resah," kata dia.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif