Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Istimewa

Cegah Omicron, Gubernur Jateng Minta Tes WGS Dimasifkan

Nasional covid-19 jawa tengah Ganjar Pranowo Omicron Varian Omicron
Antara • 26 Januari 2022 15:14
Semarang: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan sejumlah langkah mencegah penyebaran varian Omicron. Dia ingin tes whole genome sequencing (WGS) dimasifkan.
 
“Genome sequence tesnya kita lakukan terus menerus,” kata Ganjar melalui keterangan tertulis, Rabu, 26 Januari 2022.
 
Selain itu, Ganjar juga meminta masyarakat mengaktifkan Jogo Tonggo atau menjaga tetangga yang terpapar covid-19. Sehingga, proses karantina mandiri dapat berjalan tanpa hambatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ganjar Minta Warga Jateng Tidak Panik Hadapi Omicron
 
Di ranah sekolah, Gubernur Jateng meminta proses pembelajaran tatap muka (PTM) dipantau ketat. Kemudian, percepatan vaksinasi untuk mencegah dampak fatal covid-19.
 
Ganjar meminta masyarakat terlibat aktif dalam upaya mencegah penyebaran Omicron. Dia mengingatkan warga memakai masker dan menaati protokol kesehatan (prokes).
 
“Masyarakat nggak perlu panik. Tapi ini wake up call juga untuk mengingatkan kepada yang lain. Jogo Tonggo-nya jalan lagi, peringatan untuk pakai masker jalan lagi,” kata Ganjar.
 
Menurut dia, percepatan vaksinasi terus dilakukan dengan prioritas anak usia 6-11 tahun, warga lanjut usia, dan masyarakat dengan komorbid. Vaksinasi dilakukan sebagai langkah pencegahan setelah upaya patuh proses dikerjakan.
 
"Kita amankan dulu mereka yang kelompok rentan, sehingga kita harapkan ini bisa mencegah,” kata dia.
 
Penyebaran Omicron di Jawa Tengah terus dipantau. Tercatat ada sembilan pasien terinfeksi varian Omicron di Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif