KSP Moeldoko saat meninjau kesiapan mudik di ruas tol Lampung-Palembang, Rabu, 27 April 2022. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
KSP Moeldoko saat meninjau kesiapan mudik di ruas tol Lampung-Palembang, Rabu, 27 April 2022. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

Arus Mudik di Tol Lampung-Palembang Masih Landai

Nasional Mudik Lebaran Jalan Tol Moeldoko Sumatra Selatan Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Gonti Hadi Wibowo • 27 April 2022 16:21
Palembang: Arus mudik di ruas tol Lampung-Palembang masih landai pada H-5 lebaran. Hal itu diungkapkan Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko saat meninjau kesiapan mudik di ruas tol Lampung-Palembang, Rabu, 27 April 2022.
 
"Untuk pemantauan hari ini belum ada kepadatan di ruas tol Lampung-Palembang, masih landai," kata Moeldoko, Rabu, 27 April 2022.
 
Moeldoko juga memastikan bahwa pelayanan mudik di ruas tol Lampung-Palembang tidak ada hambatan dan semua berjalan dengan lancar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terutama terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Toilet untuk pemudik di sekitar jalan tol sehingga apabila terjadi kemacetan dapat segera diantisipasi. 
 
"Kami berharap pintu tol yang diprediksi akan mengalami lonjakan yang tinggi jangan sampai kekurangan tenaga, sisanya saya pantau untuk seluruh kesiapannya sudah dipersiapkan dengan matang,” jelasnya.
 
Baca juga: Motor Pemudik Gratis Mulai Tiba di Terminal Solo
 
Moeldoko juga sempat melakukan peninjauan ke Rest Area KM 190 dan KM 234 yang berada di Ruas Terbanggi Besar/Pematang Panggang-Kayu Agung. 
 
Moeldoko menyarankan rest area dapat diisi dengan UMKM sehingga secara ekonomi dapat dimanfaatkan dengan baik. 
 
"Alhamdulillah disini sudah terealisasi lebih dari 30% UMKM,” ujarnya.
 
Pihaknya memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April 2022, sesuai jadwal cuti bersama Lebaran 2022, yang ditetapkan pemerintah.
 
"Dalam situasi ini kita harus responsif sehingga seluruh situasi harus dihadapi dengan cepat. Seperti kata Presiden, masyarakat sudah euforia sehingga harus disiapkan dengan detail kemungkinan yang muncul di lapangan dan solusinya," katanya.
 
Baca juga: Puluhan Sopir Bus di Giwangan Jalani Pemeriksaan Kesehatan
 
Sementara itu, Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, mengatakan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di ruas tol Lampung-Palembang semakin meningkat. 
 
Pada 27 April 2022 pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 3.918 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan.
 
"Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat," jelasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif