Gunung Slamet. (ANT/	Idhad Zakaria)
Gunung Slamet. (ANT/ Idhad Zakaria)

Aktivitas Gunung Slamet Meningkat

Nasional gunung slamet
Akhmad Safuan • 15 Agustus 2019 11:37
Pemalang: Aktivitas Gunung Slamet yang berada di lima daerah di Jawa Tengah yakni Kabupaten Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal dan Purbalingga meningkat. Terlihat ketinggian asap mencapai 50 meter keluar dari kawah Slamet.
 
"Iya aktivitas gunung hari ini meningkat dibanding sebelumnya. Ketinggian asap dua kali lipat lebih tinggi dari hari sebelumnya yakni 25 meter," kata Sukedi, petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Sukedi melanjutkan peningkatan aktivitas gunung juga tercatat dari sejumlah gempa hembusan. Yaknisebanyak 321 kali gempa hembusan dengan amplitudo tiga sampai 24 milimeter berdurasi 15 sampai 60 detik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkap gempa hembusan meningkat ketimbang sebelumnya. Yakni dalam kurun waktu yang sama sebanyak 116 kali dengan amplitudo dua hingga 17 milimeter yang berdurasi 15 sampai 50 detik.
 
"Gempa tremor hari ini terjadi satu kali dalam kurun waktu 6 jam dengan amplitudo 0,5 hingga 2 milimeter," imbuhnya.
 
Baca:Slamet Waspada, 80 Pendaki Dievakuasi
 
Gunung dengan ketinggian 3. 432 meter di atas permukaan air laut (mdpl) tersebut kini berstatus waspada (level II).Sejak Juni hingga Agustus, telah terjadi 51.511 kali gempa embusan, lima kali gempa tektonik lokal dan 17 kali gempa tektonik jauh.
 
Bahkan sejak akhir Juli 2019, mulai terekam adanya getaran tremor dengan amplitudo maksimum 0,5-2 mm dan getaran tersebut masih terjadi hingga saat ini serta energi kegempaan terdeteksi meningkat secara bertahap.
 
Seluruh jalur pendakian ditutup baik untuk warga maupun masyarakat luar. Sebanyak 80 pendaki telah dievakuasi. Tidak boleh ada yang berada di radius 2 kilometer dari kawah.
 
Baca:Warga Diminta Menjauh 2 Km dari Kawah Gunung Slamet
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif