Umat Islam meluber hingga depan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan Kratonan, Serengan, Solo, Jawa Tengah saat Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Al Hikmah Kota Surakarta, Senin (2/5/2022). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.
Umat Islam meluber hingga depan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan Kratonan, Serengan, Solo, Jawa Tengah saat Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Al Hikmah Kota Surakarta, Senin (2/5/2022). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Kerukunan Beragama, Warga Solo Salat Id di Halaman Gereja

Nasional hari raya idul fitri jawa tengah Kota Solo Lebaran 2022
Antara • 02 Mei 2022 11:15
Solo: Ratusan umat Islam melaksanakan salat Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Al Hikmah Kota Surakarta, yang bersebelahan dengan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan di Kratonan, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin, 2 Mei 2022, dengan tetap menjaga kerukunan antarumat beragama.
 
Ratusan umat Islam terlihat mulai berdatangan ke lokasi salat id di depan masjid itu hingga depan GKJ Joyodiningratan, mulai pukul 05.30 WIB.
 
Jemaah menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, dalam salat id. Mereka membentuk barisan mulai dari depan masjid hingga depan GKJ di Jalan Gatoit Subroto Kota Solo, sepanjang sekitar 200 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagian umat muslim yang membawa sepeda motor ke tempat salat id tersebut, memarkirkan kendaraan mereka di depan GKJ.
 
Salat Idulfitri di tempat itu yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB dengan imam dan khatib berasal dari Kota Solo Habib Abu Bakar Fahmi Assegaff.
 
Baca juga: Membeludak, Jemaah Salat Id di Bandung Bercampur Saf
 
Saat khotbah, ia mengajak umat Islam menjalani kehidupan sehari-hari yang lebih baik setelah selama Ramadan beribadah puasa.
 
Ketua Takmir Masjid Al-Hikmah Kratonan, Kota Solo Muhammad Nasir, mengatakan jemaah melaksanakan salat Id di tempat itu dengan lancar dan khusyuk.
 
Ia mengatakan kerukunan hidup antarumat beragama di daerah itu selalu dijaga dengan baik secara bersama-sama. 
 
"Kami sudah terbiasa dalam perbedaan ini, saling menjaga diri dan menghormati. Intinya sudah sejak dari dahulu bahwa berbeda itu karena karunia Allah SWT. Jadi kami harus saling menjaga apapun Negara Indonesia negara yang besar dari berbagai agama yang diakui oleh negara harus dijaga kerukunannya," katanya.
 
Ia juga mengatakan bahwa saat umat kristiani merayakan Natal dan Paskah di gerejanya, umat muslim di lingkungan masjid tersebut juga menjaga dan menghormati kekusyukan mereka yang sedang beribadah.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif