KAI Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, mengerahkan 278 personel gabungan pada masa angkutan Lebaran Idulfitri 2022. Dokumentasi/ Humas KAI Daop 4 Semarang
KAI Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, mengerahkan 278 personel gabungan pada masa angkutan Lebaran Idulfitri 2022. Dokumentasi/ Humas KAI Daop 4 Semarang

Jaga Arus Mudik Lebaran, KAI Daop 4 Semarang Kerahkan 278 Personel Gabungan

Nasional Mudik Lebaran kereta api Kereta Api Jarak Jauh Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Mustholih • 22 April 2022 12:30
Semarang: KAI Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, mengerahkan 278 personel gabungan pada masa angkutan mudik Lebaran Idulfitri 2022. Ratusan personel gabungan itu terdiri atas 21 personel dari TNI dan Polri serta 257 personel Polsuska dan keamanan.
 
"Pasukan ini sebagai upaya untuk menjamin keamanan penumpang di stasiun maupun di atas kereta api. Personel keamanan akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lain," kata Direktur Pengelolaan Sarana KAI Daop 4 Semarang, Eko Purwanto, Semarang, Jateng, Jumat, 22 April 2022.
 
Baca: Daop 6 Yogyakarta Pastikan Kesiapan Operasional Angkutan Lebaran 2022

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk memaksimalkan keamanan bagi penumpang, anjing pelacak pun turut dikerahkan pada masa angkutan Lebaran 2022. "Pengamanan di stasiun juga akan diperkuat dengan anjing pelacak yang akan beroperasi di Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol," jelas Eko.
 
KAI Daop 4 Semarang menetapkan masa angkutan Lebaran Idulfitri 2022 berlaku mulai 22 April hingga 13 Mei 2022. Menurut Eko, selama masa angkutan Lebaran, KAI memperhatikan lagi banyak aspek penyelenggaraan angutan yang aman dan sehat.
 
Sebagai penunjang prasarana, kata Eko, KAI Daop 4 Semarang menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS), seperti bantalan rel, batu balas, dan karung pasir. "Itu guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terutama di 36 titik daerah rawan wilayah Daop 4 Semarang,"jelas EKo.
 
Dari sisi pengamanan sepanjang jalur rel kereta, Eko mengungkap KAI Daop 4 Semarang menambah personel menjadi 32 orang.
 
“Dengan bantuan dari beberapa pihak seperti TNI dan Polri kami harap angkutan Lebaran tahun ini dapat terselenggara dengan aman, nyaman dan sehat,” jelas Eko.
 
Menurut Eko rata-rata perjalanan kereta api penumpang di wilayah Daop 4 Semarang per hari pada masa angkutan Lebaran berjumlah 75 perjalanan. Diprediksi puncak arus mudik terjadi pada Sabtu, 30 April 2022.
 
"Dengan perkiraan penumpang turun sebanyak 14.902 orang. Sedangkan untuk puncak arus balik, terjadi pada Minggu 8 Mei dengan perkiraan penumpang naik sebanyak 15.144 orang," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif