Warga beraktifitas di kampungnya yang terutup debu vulkanik di Desa Kota Menara, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Kamis (4/10). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono.
Warga beraktifitas di kampungnya yang terutup debu vulkanik di Desa Kota Menara, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Kamis (4/10). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono.

Aktivitas di Kawasan Gunung Soputan Mulai Normal

Nasional gunung meletus erupsi gunung
Mulyadi Pontororing • 17 Desember 2018 11:55
Manado: Masyarakat yang bermukim di seputaran Gunung Soputan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, mulai beraktivitas normal. Hujan abu akibat erupsi Gunung Soputan dilaporkan tak terlihat lagi pada Senin pagi, 17 Desember 2018.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Minahasa Tenggara, Erick Manaroinsong mengatakan, masyarakat terutama di desa-desa terdekat gunung, seperti Desa Winur dan Silian sudah mulai beraktivitas seperti biasa.

"Hanya para petani saja yang memang belum diizinkan untuk mendekati gunung, apalagi kegiatan mereka memang masuk dalam zona larang beraktivitas," kata Erick saat dikonfirmasi Medcom.id, Senin, 17 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: 20 Ribu Masker Dibagikan untuk Warga Terdampak Abu Erick mengatakan, akrivitas Gunung Soputan berangsur menurun sejak Minggu sore hingga malam. Penurunan aktivitas vulkanik itu juga terjadi hingga hari ini.

"Namun begitu kami tetap siaga. Dua pos pemantauan gunung di dua desa terdekat tersebut pun masih diaktifkan. Apalagi status gunung masih berada pada Level III atau Siaga," jelas Erick.

Erick kembali mengatakan, selain memantau aktivitas gunung, pihaknya juga mengawasi pergerakan warga agar tidak mendekati gunung. Dalam penjagaan di beberapa wilayah, anggota Polisi atau TNI juga turut dilibatkan.

"Kita jaga dengan aparat. Ini untuk mengantisipasi agar warga yang nekat mendekati gunung. Ini juga untuk mengantisipasi kejadian pada 2016 lalu, di mana banyak warga terutama para petani aren nekat menerobos saat Soputan tengah aktif," ungkap Erick.

Baca: Lava Gunung Soputan Mengalir ke Timur


(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi