Tampak visual Gunung Soputan, dari pos pemantau pada Minggu, 16 Desember 2018, pukul 15.38 Wita. Istimewa/Pos Pemantau Gunung Soputan
Tampak visual Gunung Soputan, dari pos pemantau pada Minggu, 16 Desember 2018, pukul 15.38 Wita. Istimewa/Pos Pemantau Gunung Soputan

Lava Gunung Soputan Mengalir ke Timur

Nasional gunung meletus erupsi gunung
Mulyadi Pontororing • 16 Desember 2018 14:35
Manado: Erupsi Gunung Soputan, di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, masih berlangsung. Lava mengalir dan erupsi terus terjadi walau ketinggian kolom abu yang dilontarkan gunung menurun.
 
Kepala Pos Pengamatan Gunung Soputan Asep Saifuloh mengatakan tremor letusan masih terus terjadi dengan dengan maksimum 40 milimeter hingga pukul 13.50 Wita.
 
"Namun, ada penurunan kolom abu di mana tadi pagi terpantau setinggi 7.500 meter, sekarang kurang lebih 4.500 meter berwarna putih kelabu dari puncak," kata Asep saat dihubungi Medcom.id, Minggu siang, 16 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gunung Soputan Lontarkan Abu Setinggi 7,5 Km
 
Arah angin menuju arah tenggara, atau ke Kecamatan Pasan, Kabupaten Minahasa Tenggara. Asep tak bisa memastikan di mana saja lokasi yang terkena dampak abu.
 
Aliran lava, terpantau menuju arah timur ke Kabupaten Minahasa. Aliran lava ini, ujar Asep, mengikuti bukaan letusan pada 2016 dan Oktober 2018 lalu.
 
"Sejak dini hari tadi, letusan telah terjadi. Namun, pengamatan visual sulit dilakukan karena terhalau kabut. Namun setelah siang dapat dilihat asap yang mengikuti bekas alkran lava yang mengarah ke arah timur," imbuhnya.
 


 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif