Kondisi salah satu rumah warga yang dindingnya roboh akibat gempa di wilayah Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Kondisi salah satu rumah warga yang dindingnya roboh akibat gempa di wilayah Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Gempa Tektonik Guncang Brebes Bagian Selatan, 23 Rumah Rusak

Nasional gempa Gempa Bumi bencana alam
Kuntoro Tayubi • 28 September 2021 13:38
Brebes: Gempa berkekuatan 3 magnitudo mengguncang wilayah Brebes, Jawa Tengah, bagian selatan. Akibatnya 23 rumah warga di wilayah Kecamatan Sirampog rusak.
 
Selain rumah rusak, gempa juga menimbulkan retakan sepanjang 150 meter dengan lebar lima meter di kawasan perbukitan Igir Gowok. Warga diminta waspada terkaitan retakan tersebut, karena bisa menimbulkan longsor bila sering terkena hujan.
 
Kepala BPBD Brebes, Nuhsy Mansur, menyebutkan rumah warga yang mengalami kerusakan berada di Desa Sridadi dan Dawuhan. Dari 23 rumah yang rusak, dua di antaranya rusak parah karena dinding rumahnya roboh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi bangunan memang sudah tua, makanya dindingnya roboh. Saat ini penghuni rumah yang rusak diungsikan ke kerabatnya. Khawatir terjadi gempa susulan," kata Nursy, Selasa, 28 September 2021.
 
Baca: Gempa 5,8 Magnitudo di Yunani Tewaskan Satu Orang
 
Nursy menambahkan, meskipun belum memasuki musim penghujan namun curah hujan di kawasan Sirampog cukup tinggi. Penghuni rumah yang rusak diimbau tetap berada di rumah kerabatnya yang aman.
 
"Intensitas hujan disini (Sirampog) cukup tinggi, khawatir dampak dari retakan di perbukitan Igir Gowok bila terus menerus terkena hujan akan terjadi longsor," ujarnya.
 
Stasiun Geofisika Banjarnegara merilis, pada Selasa, 28 September 2021 pukul 08.40 WIB wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,17 LS dan 109,03 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km arah TimurLaut Bumiayu Brebes, pada kedalaman 11 km.
 
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar baribis kendeng segmen Brebes.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif