Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

Gempa 5,8 Magnitudo di Yunani Tewaskan Satu Orang

Internasional gempa Gempa Bumi Yunani
Fajar Nugraha • 27 September 2021 16:19
Kreta: Gempa kuat melanda Pulau Kreta, Yunani Senin 27 September 2021 pagi waktu setempat. Bencana ini dilaporkan menewaskan seorang pria yang bekerja di sebuah gereja yang bangunannya runtuh.
 
Banda perlindungan sipil Yunani mengatakan, sembilan lainnya dilaporkan turut terluka dalam kejadian ini.
 
Gempa yang berkekuatan 5,8 magnitudo menurut Observatorium Nasional Athena, terjadi pada 06.17 waktu setempat. Guncangan gempa melanda pada 23 kilometer dari Heraklion, ibu kota pulau terbesar di Yunani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Gempa itu membuat warga yang panik bergegas ke jalan-jalan dan merusak bangunan-bangunan tua,” sebut pernyataan Juru Bicara Badan Perlindungan Sipil Spiros Georgiou, seperti dikutip AFP, Senin.
 
“Pria itu meninggal di kota pertanian Arkalochori yang terkena imbas sangat parah,” imbuh Georgiou.
 
Georgiou menambahkan sekitar sembilan orang mengalami luka ringan.
 
Gambar di televisi publik ERT menunjukkan gedung-gedung tua yang runtuh di Arkalochori dan desa-desa sekitarnya dekat Heraklion.
 
"Ini gempa yang tidak kami duga, untuk saat ini ada gempa susulan 4,5", kata seismolog Efthymis Lekkas, dikutip kantor berita ANA.
 
Menteri Perlindungan Sipil Christos Stylianides, didampingi oleh Lekkas dan pakar lainnya akan mengunjungi lokasi itu Senin malam. Yunani terletak di sejumlah jalur patahan, dan secara sporadis dilanda gempa bumi.
 
Pada Oktober 2020, gempa berkekuatan 7,0 melanda di Laut Aegea antara pulau Samos di Yunani dan kota Izmir di Turki barat.
 
Sebagian besar kerusakan terjadi di Turki di mana 114 orang tewas dan lebih dari 1.000 terluka. Di Yunani, dua remaja dilaporkan tewas di Samos.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif