Ilustrasi. Dok Media Indonesia.
Ilustrasi. Dok Media Indonesia.

KSP Tunjuk Semarang Tuan Rumah Festival HAM

Nasional hak asasi manusia
Mustholih • 29 April 2021 00:06
Semarang: Kantor Staf Presiden (KSP) menunjuk Kota Semarang, Jawa Tengah, sebagai tuan rumah Festival Hak Asasi Manusia 2021. Kepala KSP, Moeldoko, mengatakan festival ini akan menjadi cara yang sangat efektif membumikan HAM di tengah masyarakat.
 
"Orang barat respek dengan upaya penyelenggaraan HAM di Indonesia. HAM jangan dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan. Dulu saya selalu mendoktrin anak buah jangan takut dengan HAM. Tapi yang paling  penting adalah penghormatan terhadap HAM," kata Moeldoko di Semarang, Jateng, Rabu, 28 April 2021.
 
Baca: Oknum yang Loloskan WN India dari Karantina Ditangkap

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencananya Festival HAM akan digelar di Semarang pada 16-19 November 2021. Menuju pelaksanaan festival yang kurang tujuh bulan lagi, Moeldoko meminta Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melakukan sosialisasi dan diseminasi festival tersebut kepada masyarakat.
 
"Agar publik memahami HAM tidak hanya mengenai kebebasan menyatakan pendapat, berserikat dan berkeyakinan, melainkan juga terkait dengan kepentingan ekonomi, pemenuhan hak-hak akan perumahan, air bersih, fasilitas transportasi publik, pendidikan, dan lain-lain," jelas Moeldoko.
 
Hendrar Prihadi mengaku senang wilayahnya ditunjuk sebagai tuan rumah Festival HAM. Hendrar Prihadi mengeklaim selama menjadi Wali Kota, dirinya memang berkomitmen mewujudkan Semarang menjadi kota semua buat semua.
 
"Mudah-mudahan Festival HAM nanti menjadi momentum kita bersama untuk menguatkan tekad dan komitmen mewujudkan perlindungan serta pemenuhan HAM secara menyeluruh," ungkap Hendi.
 
Dia mengungkap Festival HAM nanti akan menampilkan aktualisasi HAM terbaik pada tiap kabupaten dan kota di Indonesia. "Festival HAM 2021 juga kami harap jadi embrio penguatan kabupaten dan kota untuk bisa menerapkan HAM dalam pembangunan," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif