Warga di Kabupaten Sigi yang menjadi penerima manfaat hunian sementara dari Yayasan Media Group. Medcom.id/Surya Perkasa
Warga di Kabupaten Sigi yang menjadi penerima manfaat hunian sementara dari Yayasan Media Group. Medcom.id/Surya Perkasa

Warga Berharap Huntara Media Group Diperbanyak

Nasional media group Gempa Donggala
Surya Perkasa • 06 Desember 2018 22:26
Palu: Yayasan Media Group membangun ratusan hunian sementara (huntara) untuk korban bencana di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Desa Jono, Dolo Selatan, Sigi, menjadi salah satu sasaran bantuan pembangunan huntara tersebut.
 
Sugianto, Sekretaris Desa Jono, menyebut seluruh warganya terdampak gempa. Empat warganya meninggal dan bangunan 203 kepala keluarga (KK) yang ada di desa tersebut rusak dengan berbagai kondisi.
 
"Rumah 86 KK rusak berat, 59 rusak sedang, sisanya rusak ringan. Di sini memang jalur merah (Sesar Palu Koro)," kata Sugianto kepada Medcom.id, Kamis, 6 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah berencana memindahkan seluruh warga Desa Jono. Namun, masyarakat tidak mau dipindah.
 
Sugianto menyebut warga yang rata-rata bertani dan berkebun enggan kehilangan mata pencaharian. Tempat relokasi yang disiapkan berjarak lebih dari tiga kilometer dari ladang atau sawahnya.
 
"Alhamdulillah. Kami berterima kepada Media Group sudah dibantu dengan hunian sementara," kata dia.
 
Baca:Pemukiman Dekat Sesar Palu Koro Harus Dibuat Khusus
 
Warga pun antusias mengikuti program yang menjadi bagian bantuan untuk Palu, Sigi, dan Donggala. Dia menyebut telah ada 27 huntara yang terbangun secara bergotong-royong dengan material dari Yayasan Media Group.
 
"Mereka berbondong-bondong untuk meminta tambah lagi dari Media Group. Saya minta warga bersabar dulu sambil menyelesaikan rangka bangunan karena material bangunan masih menunggu," ungkap Sugianto.
 
Koordinator Pembangunan Huntara Media Group Kabupaten Sigi Arif Lukman Hakim menyebut ada 28 penerima manfaat huntara di Desa Jono. Saat ini, huntara yang terbangun sudah mencapai 21 unit dengan 18 bangunan telah dihuni.
 
Baca:1.300 Huntara Dibangun
 
"Untuk di Dolo Selatan sendiri sudah 149 huntara dengan 130 unit sudah dihuni," kata Lukman.
 
Yayasan Media Group terus mengebut pengerjaan huntara karena Sulteng sudah mulai memasuki musim penghujan. Untuk Dolo Selatan dan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, telah ada 337 huntara.
 
Sementara itu, bantuan yang telah dikumpulkan Yayasan Media Group mencapai Rp51,17 miliar untuk Palu, Sigi dan Donggala.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif