1.300 Huntara Dibangun
ilustrasi Medcom.id
Lombok: 1.300 rumah hunian sementara (huntara) bantuan Dompet Kemanusiaan Media Group telah berdiri dan dihuni masyarakat korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Mereka yang tadinya tidur di tenda, sekarang sudah banyak yang kembali ke rumahnya masing-masing," kata Ketua Yayasan Dompet Kemanusiaan Media Group, Ali Sadikin, saat mengecek huntara di Dusun Kebalowan, Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Jumat, 30 November 2018.

Pembangunan huntara bagi masyarakat korban gempa di Lombok dilakukan dengan sistem gotong royong oleh masyarakat, sedangkan Media Group men-support bahan material, seperti dinding dan atap. 


Menurut Ali, huntara yang dibangun Media Group terbanyak ialah di Kabupaten Lombok Utara karena wilayah tersebut merupakan lokasi terparah terdampak gempa dan banyak rumah warga yang roboh. Menyusul kemudian di Kabupaten Lombok Barat, dan Lombok Timur.

Ali memastikan pembangunan huntara di Lombok akan tetap dilanjutkan dengan syarat masyarakat benar-benar membutuhkan dan mau bergotong royong membangun hunian untuk dirinya masing-masing. 

"Sebetulnya kita tidak sekadar memberikan rumah tinggal bagi mereka, tapi ingin mengangkat semangat masyarakat yang tadi terkena musibah," ujar Ali.

Menurut Ny Ahmad Yani, salah seorang warga Dusun Kebalowan, Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, yang sekarang telah menghuni huntara bantuan dari Media Group, dirinya beserta keluarga merasa sangat terbantu sehingga tidak lagi harus berlama-lama berdiam di tenda pengungsian. 

"Alhamdulillah rumah sudah kami tempati, terima kasih saya sampaikan kepada Media Group," katanya.

Syahdan Ilyas, Sekretaris Desa Pansor, Kecamatan Kayangan, juga merasa sangat terbantu dengan bantuan huntara dari Media Group bagi masyarakat di sejumlah dusun di Desa Pansor, "Kami bersyukur mendapatkan bantuan huntara dari Media Group. Warga kami saat ini sedang bergotong royong membangun huntara dan ini kami manfaatkan sebaik mungkin sesuai peruntukkannya," ujarnya.

Selain bantuan huntara, Media Group saat ini juga sedang mematangkan persiapan membangun enam sekolah di Lombok yang pada saat ini sudah mengajak sejumlah kontraktor untuk melakukan peninjauan lapangan. 

"Kita harapkan satu atau dua minggu lagi mereka sudah mengajukan penawaran sehingga paling telat pada awal Januari mereka sudah membangun enam sekolah permanen yang ada di Lombok," pungkas Ali.



(ALB)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id