Warga bersama petugas BPBD, TNI, Polri dan relawan mengisi pasir ke dalam karung guna membangun tanggul darurat di sepanjang bibir pantai di kawasan Desa Pasir dan Desa Ujung Kalak, Aceh Barat, Rabu, 6 Juli 2022. ANTARA/HO-BPBD Aceh Barat
Warga bersama petugas BPBD, TNI, Polri dan relawan mengisi pasir ke dalam karung guna membangun tanggul darurat di sepanjang bibir pantai di kawasan Desa Pasir dan Desa Ujung Kalak, Aceh Barat, Rabu, 6 Juli 2022. ANTARA/HO-BPBD Aceh Barat

Cegah Rob, BPBD Aceh Barat Bangun Tanggul Darurat dari Karung

Antara • 06 Juli 2022 22:30
Meulaboh: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat membangun tanggul darurat sepanjang 700 meter di sepanjang bibir pantai, membentang dari Desa Pasir dan Ujung Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.
 
"Pembangunan tanggul darurat ini sebagai upaya pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya banjir rob di pemukiman masyarakat," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Aceh Barat, DR Mukhtaruddin, di Meulaboh, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Baca: Permukiman Warga Meulaboh Aceh Barat Terendam Banjir Rob

Dia menjelaskan pembangunan tanggul darurat tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu, pertama dilakukan menggunakan karung yang berisi pasir guna kemudian ditempatkan di samping tanggul permanen yang ada di pinggir pantai.
 
Kemudian cara lainnya yaitu dengan cara mengerahkan alat berat ke bibir pantai, guna kemudian dilakukan pembangunan tanggul menggunakan pasir yang ada di pinggir pantai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya juga melakukan pembersihan saluran air sepanjang satu kilometer di kawasan Desa Ujung Kalak, Meulaboh, dengan harapan dapat memperlancar saluran air jika kawasan tersebut dilanda banjir rob.
 
Mukhtaruddin berharap dengan adanya pembangunan tanggul darurat tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjangan banjir rob di pemukiman masyarakat khususnya di sepanjang bibir pantai Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.
 
"Semoga dengan adanya tanggul darurat ini, dapat membantu masyarakat jika sewaktu-waktu pemukiman warga diterjang banjir rob," jelas Mukhtaruddin.
 
Selain itu, BPBD Aceh Barat juga memasang tanggul yang berisi pasir di dalam karung, guna ditempatkan di sekitar rumah warga agar terhindar dari terjangan banjir rob.
 
Ia mengatakan pembuatan tanggul darurat tersebut dilakukan oleh personel BPBD, dengan melibatkan masyarakat, TNI, Polri, RAPI dan relawan lainnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif