NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: MI/Susanto)
Ilustrasi. (Foto: MI/Susanto)

Mal dan Hotel di Makassar Sepi Pengunjung

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 17 Maret 2020 17:05
Makassar: Mal dan hotel di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai sepi pengunjung. Okupansi hotel dan kunjugan masyarakat ke pusat perbelanjaan menurun hingga 30 persen.
 
General Manager Mall Phinisi Point (Pipo) Makassar, Anggraini, mengatakan, penurunan jumlah kunjungan terjadi sejak periode Januari hingga Maret. Angka kunjungan terus turun pascasejumlah pemerintah memberlakukan karantina.
 
"Di Mall Pipo sendiri terjadi penurunan hingga 30 persen," katanya, Selasa, 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggraini membeberkan di hari biasa, pengunjung mal ada pada kisaran 4.000-5.000 orang. Jumlah itu meningkat pada akhir pekan hingga 10 ribu pengunjung.
 
"Tapi semenjak ini ada (virus korona). Pengunjung tidak pernah sampai 4.000," jelasnya.
 
Kendati demikian, Anggraini menilai penurunan jumlah pengunjung wajar. Sebab setiap orang sedang berusaha melindungi diri sendiri dengan tidak datang ke tempat keramaian.
 
"Tapi bagi mereka yang ingin berbelanja kebutuhan pokok ya tetap saja datang," jelasnya.
 
Baca juga:Hippindo: Masyarakat Mulai Takut ke Mal
 
Senada, General Manager Hotel Aston Makassar, Joko Budi Jaya, mengatakan, sejak korona ditetapkan sebagai pandemik, dampaknya sangat terasa bagi okupansi hotel.
 
"Kalau Januari masih belum ada penurunan dibandingkan tahun lalu tetapi Februari sudah mulai ada, dan Maret dikhawatirkan lebih buruk lagi. Bisa turun antara 10-20 persen dari tahun lalu," jelasnya.
 
Kondisi itu diperpanjang dengan adanya lockdown dari beberapa negara serta edaran dari pemerintah pusat tidak menggunakan atau menggelar acara di hotel. Hal itu ditambah dengan beberapa pekan lagi ramadan, artinya okupansi akan terus menurun.
 
"Penurunan okupansi akan sangat cepat terjadi apabila pemerintah tidak dengan cepat mengatasi hal ini," pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif