Ilustrasi - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan PTM di SMP Negeri 13 Kota Semarang, Senin (30/8/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng/am
Ilustrasi - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan PTM di SMP Negeri 13 Kota Semarang, Senin (30/8/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng/am

Ganjar Minta Sekolah Tak Wajibkan Pembelian Seragam

Antara • 31 Agustus 2021 16:16
Semarang:  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh sekolah di bawah kewenangan Pemprov Jateng, agar tidak mewajibkan pembelian seragam bagi siswa-siswi, terutama jika orang tuanya tidak mampu.
 
"Saya tidak mewajibkan ya, jadi kalau orang tua yang maaf, mohon maaf, orang tuanya yang tidak mampu anaknya enggak perlu seragam sekarang. Sudah kayak tadi saja enggak seragam juga enggak apa-apa kok,e nggak ada pengaruhnya," katanya di sela mengecek pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Semarang, Selasa, 31 Agustus 2021.
 
Ganjar mengaku mendapat laporan terkait kewajiban membeli seragam dari salah satu orang tua siswa SMK di Jateng.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekolah enggak usah memaksakan, kemarin sudah ada yang melapor ke saya kejadian itu di SMK mana saya lupa. Itu gurunya sudah mewajibkan seragamnya ini banyak banget gitu kasihan," ujarnya.
 
Baca juga: Kesembuhan Pasien Covid-19 di Palangkaraya Mencapai 57%
 
Orang nomor satu di Jateng itu memahami dalam situasi dan kondisi seperti ini, tidak semua orang tua mampu untuk membeli seragam sekolah untuk anaknya.
 
Oleh karena itu, Ganjar mengimbau kepada seluruh SMA/SMK di bawah kewenangan Pemprov Jateng untuk tidak mewajibkan pembelian seragam.
 
"Sekali lagi saya ingatkan, (sekolah) yang di wilayah kewenangan Pemprov untuk tidak memaksakan kepada mereka yang orang tuanya tidak mampu khususnya terkait dengan seragam,” tegas Ganjar.
 
Jika ada orang tua siswa yang tidak mampu, Ganjar berharap yang bersangkutan melapor kepada Pemprov Jateng agar bisa dibantu.
 
"Tapi kalau belum enggak boleh dipaksakan, bahkan yang tidak mampu suruh ngomong nanti biar dibantu oleh Pemprov," jelasnya.

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif