Tangkapan layar aparat kepolisian serbu Desa Wadas. Foto: Twitter @walhinasional.
Tangkapan layar aparat kepolisian serbu Desa Wadas. Foto: Twitter @walhinasional.

Segini Nilai Proyek Bendungan Bener di Desa Wadas yang Dikepung Polisi

Cindy • 09 Februari 2022 15:46
Jakarta: Desa Wadas di Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, viral di media sosial. Hal ini terjadi karena video konflik antara aparat gabungan TNI-Polri dengan warga Desa Wadas. 
 
Dalam video yang diunggah @walhinasional, tampak aparat berseragam lengkap dengan helm, tameng, dan tongkat pemukul berjaga di depan Masjid di Desa Wadas. Kemudian tampak beberapa warga ditangkap oleh aparat. 
 
Warga yang ditangkap diketahui menolak keras lahannya dibebaskan untuk penambangan batu adesit. Luas tanah yang akan dibebaskan mencapai 124 hektar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Batu andesit yang ditambang dari Desa Wadas ini bakal digunakan sebagai material untuk proyek Bendungan Bener yang lokasinya berada di Kabupaten Purworejo. Warga khawatir penambangan itu akan merusak sumber mata air dan sawah lantaran sebagian besar mata pencaharian mereka adalah petani. 
 
Baca: Trending Twitter, Ini Proyek yang Bikin Desa Wadas Dikepung Polisi

Nilai proyek Bendungan Bener

Proyek Bendungan Bener diketahui masuk dalam proyek strategis nasional. Biaya pembangunan bendungan yang berasal dari APBD dan APBN itu senilai Rp2,06 triliun. 
 
Bendungan Bener mulai dibangun pada 2018 dan direncanakan mulai beroperasi pada 2023. Dikutip dari laman Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Bendungan Bener direncanakan akan mengairi lahan sawah seluas 15.069 hektare. Hal ini sesuai dengan program pemerintah untuk memperbanyak waduk demi mendukung proyek ketahanan pangan. 
 
Keberadaan Waduk Bener ini diharapkan mampu mengurangi debit banjir sebesar 210 meter kubik per detik, serta menyediakan pasokan air baku sebesar 1,60 meter kubik per detik dan menghasilkan listrik sebesar 6 MW. 
 
Sumber air Waduk Bener berasal dari Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Nama Waduk ini diambil dari lokasinya yang berada di Kecamatan Bener. 
 
Proyek berada sejauh 8,5 kilometer dari Kota Purworejo. Proyek digarap PT Brantas Abipraya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. 
 
Baca: Kapolri Diminta Bergerak Cepat Menyikapi Pengepungan Desa Wadas
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif