Konferensi Air Aceh 2021. Foto: Istimewa
Konferensi Air Aceh 2021. Foto: Istimewa

Konferensi Air Aceh Hasilkan 5 Rekomendasi, Ini Rinciannya

Nasional Air Bersih aceh Krisis Air Bersih sdg Sdgs
Medcom • 19 Desember 2021 22:28
Aceh: Konferensi Air Aceh (KAA) 2021 menghasilkan lima rekomendasi. Kelima rekomendasi ini diharapkan bisa terealisasi untuk menuju sustainable development goals (SDGs) pada 2030.
 
"Rekomendasi ini harus direalisasikan oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga donor, LSM (lembaga swadaya masyarakat), pihak swasta, lembaga pendidikan, komunitas, media, hingga seluruh lapisan masyarakat," kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam KAA 2021 yang diselenggarakan di Banda Aceh, akhir pekan ini.
 
KAA 2021 mengusung tema Arah Kebijakan dan Strategi Aceh dalam Mencapai Akses Air yang Merata dan Universal 2030. KAA 2021 ini dilakukan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan capaian akses serta memperkuat kolaborasi antarpelaku pembangunan untuk air dan sanitasi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nova mengatakan air menjadi sumber kehidupan yang sangat penting. Ada sekitar 250 juta kasus penyakit yang berhubungan dengan air di dunia. Dan 5 juta di antaranya berujung kematian. 
 
"Mengingatkan pula bahwa program penyediaan air bagi masyarakat tidak boleh diabaikan. Air merupakan bagian penting dalam RPJMA (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh) 2019-2024 sampai nanti mencapai target 100 persen universal access pada 2030," kata Nova.
 
KAA 2021 menghadirkan narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Balai Wilayah Sungai I Sumatera, PT Solusi Bangun Andalas, Lembaga Karst Aceh, Lembaga Solidaritas Perempuan, dan PT Varsha Zamindo Lestari.
 
Baca: Indonesia Raup Rp42,8 Triliun untuk Proyek SDGs
 
Adapun kelima poin penting yang menjadi rekomendasi kebijakan serta arah strategis pembangunan di bidang air dan sanitasi adalah pertama, kawasan karst merupakan salah satu ekosistem sumber air yang menghasilkan air berkualitas tinggi. Kawasan karst di Aceh terdapat di Kaloy Aceh Tamiang, Lhok Nga Aceh Besar, hingga Lamno Aceh Jaya. 
 
Kawasan ini mampu mencegah potensi kekeringan. Untuk itu, peserta KAA bersepakat untuk memasukkan kawasan karst dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Aceh.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif